Gaya Hidup

Tips Mengatasi Ngantuk Selama Puasa di Kantor

MESKI bulan puasa, bukan berarti Anda bermalas-malasan dalam bekerja. Tapi terkadang kantuk datang ketika siang hari. Dorongan untuk tidur sama besarnya ketika Anda menguap karena menumpuknya pekerjaan di kantor, terlebih Anda sedang menjalankan puasa.
Sejatinya, rasa ngantuk terjadi karena ritme sirkadian (circadian rhythm) sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur berada di titik rendah sekitar jam makan siang yang mengakibatkan Anda jauh lebih mudah mengantuk saat siang tiba, terlebih Anda harus bangun dini hari untuk makan sahur. Simak tips menghindari ngantuk di kantor ketika siang saat bulan puasa.
1. Lakukan sedikit olahraga kecil
Aktivitas fisik ringan seperti stretching dan jalan-jalan pun dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga Anda merasa lebih enerjik. Saat istirahat siang, jangan duduk saja. Ayo segera bergerak sebelum rasa kantuk datang menghampiri.
2. Minum air secukupnya
Iklan minuman yang sering Anda lihat di TV tidak berbohong, bahwa dehidrasi memang dapat menyebabkan rasa lemas dan mempengaruhi konsentrasi. Pastikan Anda minum banyak air putih, terutama sebelum waktu imsak tiba.
3. Sedikit tidur siang tidak apa-apa
Riset membuktikan kalau tidur siang singkat selama 10-20 menit membantu otak Anda melepas beban dan meningkatkan produktivitas. Plus, Anda akan merasa lebih segar dan recharged setelahnya. Jangan lupa memasang alarm.
4. Dengarkan musik sambil bekerja
Selain menjaga agar Anda tidak terkantuk-kantuk, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Bagi beberapa individu, musik bahkan dapat menstimulasi kreativitas dan membantu mereka berkonsentrasi. Sebelum meraih headphone Anda, pastikan tempat kerja Anda mengizinkan pegawainya untuk mendengarkan musik sambil bekerja.
KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close