Lintas Daerah

Tiongkok Investasi Industri Hilirisasi Timah di Bangka Belitung

BABEL, SENAYANPOST.com – Kerja sama Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan Indonesia yang masuk ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui BUMN-nya dalam waktu dekat adalah di bidang industri hilirisasi timah.

Untuk membangun pabrik hilirisasi timah tersebut, BUMN Tiongkok lewat bendera Sinomach Heavy Industry Coporation, berencana menggelontorkan modal mereka di Kawasan Industri Sadai, Bangka Belitung.

Plt Kepala Biro Perekonomian, Ahmad Yani, usai pertemuan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, dengan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei, mengatakan kerja sama dengan Sinomach diklaim sebagai investasi dari Tiongkok yang paling konkret.

“Salah satu yang konkret itu Sinomach. Rencana investasi ini kalau tidak salah mencapai Rp1 triliun lebih,” kata Ahmad Yani, di Babel, Sabtu (16/11/2019).

Ia menyebut, terkait hal ini sebelumnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, juga telah meneken nota kesepahaman dengan Sinomach beberapa bulan lalu.

Erzaldi juga melakukan beberapa pertemuan di Jakarta mengenai ini, termasuk mengajak Sinomach bertemu Menteri Perindustrian yang saat itu dijabat Airlangga Hartarto (sekarang menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian).

Babel, jelas Yani, saat ini lebih condong menggarap industri hilirisasi. Industri hilirisasi terus didorong agar Babel jangan terfokus pada produk primer komoditas timah, karet, dan sawit belaka.

“Kami berminat lebih ke hilirisasinya. Tadi kami tawarkan ke mereka juga soal potensi investasi pembangunan jembatan, pelabuhan,” jelasnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close