Lintas Daerah

Tinjau Pabrik Miras Oplosan, Kapolda Jatim Tegaskan Perangi Miras

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meninjau rumah milik H. Sutanto di RT 4 RW 4 Desa Janti Kecamatan Tulangan, lokasi tempat penyulingan minuman keras (miras) yang pernah digrebek Polresta Sidoarjo.

Irjen Pol Machfud Arifin mengapresiasi penggerebekan yang dilakukan Polresta Sidoarjo. Polda Jatim dan jajaran menyatakan perang terhadap miras.

“Dampak dari miras oplosan banyak terbukti telah mematikan banyak manusia. Dari dulu kami menyatakan perang terhadap miras karena membahayakan kesehatan hingga bisa menimbulkan kematian,” tegasnya Sabtu (28/4/2018).

Kapolda menjelaskan, komposisi miras yang dioplos oleh para tersangka sangat membahayakan kesehatan dan bisa mengakibatkan kematian. Bahan-bahan campuran ini sangat membahayakan kesehatan.

Kapolda menjelaskan, diantara bahan yang dibuat campuran miras bir putih dan guinness hitam di disuling dan komposisi ulang dengan racikan bahan campuran berbahaya lainnya.

Seperti kayu doro putih yang diambil pahitnya ditambah pewarna dan alkohol 70 persen.

“Pewarna yang dicampurkan bisa menimbulkan penyakit kangker dan bisa menyebabkan kematian,” jelasnya.

Irjen Mahfud Arifin menambahkan, dalam modus racikan atau oplosan satu botol menjadi lima botol. Memang kelihatan asli karena dikemas seperti asli. Tapi ini sangat membahayakan jika di konsumsi.

“Pelaku terancam hukuman 15 tahun penjara dan kalau sampai mematikan bisa dijerat pasal yang vonis hukumannya 20 tahun,” tegas kapolda. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close