Ekonomi

Tingkatkan SDM Pengurus Koperasi, Kemenkop Gelar Pelatihan Akuntansi dan Pengawasan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menyambut baik gelaran program pelatihan perkoperasian di lingkungan internal kementerian. Sehingga, jajarannya mampu dan paham betul mengenai perkoperasian.

Misalnya, bagaimana tata cara memperoleh badan hukum, rincian detail dari prinsip-prinsip berkoperasi, hingga pengertian dari perkoperasian.

“Dari situ, kita bisa membedakan mana yang koperasi dan mana yang bukan koperasi. Saya jadi teringat jaman dulu ketika masih ada yang dinamakan Balai Latihan Koperasi atau Balatkop. Aneka bentuk pelatihan selalu kita ikuti,” ungkap Meliadi pada acara Pelatihan Akuntansi dan Pengawasan Koperasi di Lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM, di Lembang, Bandung, Senin (11/2/2019).

Meliadi berharap, dengan pelatihan selama lima hari ini, nantinya bakal terbentuk SDM yang berbeda dan lebih terlatih dibanding dengan yang tidak mengikuti pelatihan tersebut.

“Kalau hasilnya sama saja, saya sarankan ke depan pelatihan perkoperasian seperti ini tidak perlu diselenggarakan lagi. Untuk apa? Jadi, saya tegaskan harus ada bedanya antara yang ikut pelatihan ini dengan yang tidak ikut”, tegas Meliadi.

Bahkan, usai pelatihan, Meliadi menginginkan ada ujian bagi peserta pelatihan, dibanding dengan yang tidak ikut pelatihan.

“Ke depan, kita memang dituntut untuk terus berbenah diri selaku Pembina. Karena, di sisi lain, kita juga menuntut koperasi untuk menjadi lebih moderen, lebih terbuka, bisa menjadi besar, dan sebagainya. Itu tuntutan kita,” kata Meliadi.

Menurutnya, jangan sampai terjadi ironi dimana kita menuntut banyak koperasi, sementara sebagai Pembina tidak tahu apa-apa.

“Kita mengatakan koperasi harus menjadi koperasi yang baik. Kita harus paham dan tahu bagaimana bentuk koperasi yang baik itu. Kita harus tahu apa itu koperasi bodong. Kita harus tahu bedanya yang bodong dengan yang tidak bodong itu apa”, jelas Meliadi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close