Pariwisata

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Bengkulu Kembangkan Wisata Olahraga

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, sekaligus mendongkrak perekonomian warga dan pendapatan asli daerah, Pemerintah Provinsi Bengkulu mulai mengembangkan wisata olahraga.

“Pengembangan wisata olahraga implementasinya sejalan dengan konsep pariwisata Wonderful Bengkulu 2020 yang berbasis alam, sejarah, dan budaya,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Merisasdi Jantan, di Bengkulu, Rabu (28/11/2018).

Ia mengatakan, Bengkulu memiliki sumber daya alam yang ideal untuk pengembangan wisata olahraga, seperti olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi. Karenanya, pemerintah berencana menyediakan lebih banyak fasilitas olahraga untuk berbagai destinasi wisata, salah satunya olahraga dayung di Danau Dendam Tak Sudah, Kota Bengkulu.

“Kami telah mengevaluasi pengembangan olahraga dayung, karena animo masyarakat kian tinggi untuk berolahraga di danau itu saat akhir pekan,” katanya.

Guna memamerkan berbagai potensi maritim, pegunungan hingga sejarah Bengkulu kepada para olahragawan, selain olahraga dayung, pemerintah juga rutin menggelar kompetisi olahraga triathlon berskala internasional.

“Tahun ini, sepuluh negara telah menyatakan keikutsertaan mereka dalam even triathlon di Bengkulu, pada 22 Desember 2018. Mereka akan berenang, lari, dan bersepeda melintasi hutan cemara, benteng Marlborough hingga rumah pengasingan Bung Karno,” paparnya.

Merisasdi berharap, pengembangan wisata olahraga yang terus digenjot ini akan memberi nilai tambah bagi industri pariwisata dan perekonomian Bengkulu. “Kami ingin Bengkulu menjadi salah satu wilayah yang menjadi primadona olahraga di Indonesia,” pungkasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close