Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Sumsel Berencana Dirikan Bank Gabah

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Sumsel Berencana Dirikan Bank Gabah
Gubernur Sumsel Herman Deru (foto Akhmad Sadad-SP)

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan berencana mendirikan dan mewujudkan beroperasinya bank gabah di daerah ini.

"Pendirian bank gabah ini juga sejalan dengan keberadaan BUMD agribisnis yang sejauh ini sudah disetujui oleh DPRD Provinsi," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru, di Palembang, Rabu (7/10/2020).

Ia mengatakan, untuk mendirikan bank gabah di sejumlah daerah sentra produksi beras di Sumsel, pemprov sudah berkoordinasi dengan PT Medco Agro Group yang memberikan penawaran ke pemerintah provinsi mengenai pendirian bank gabah tersebut.

Pemprov menilai langkah tersebut sangat menjanjikan karena sektor pertanian saat ini menjadi sebagian besar profesi warga Sumsel. Selain itu, pengelolaan sektor pertanian ini harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari sektor hulu hingga hilir.

Pada prinsipnya, kata dia, pertanian modern harus di kedepankan saat ini dengan mendorong petani juga berwirausaha atau tidak menjadi kuli di lahannya sendiri. Petani bukan hanya butuh modal tapi yang tak kalah penting adalah pembinaan hingga pemasaran. 

Terkait rencana ini, perwakilan dari PT Medco Agro Group, Yana Panigoro mengatakan, penawaran kerja sama untuk membangun bank gabah di Sumsel dilatarbelakangi karena Sumsel merupakan daerah surplus beras. 

Meski surplus, jelas dia, saat ini nilai tambah dari hasil industri gabah atau beras di Sumsel justru kurang dinikmati petani. Karena sebagian besar hasil gabah basah produksi petani Sumsel disuplai ke luar daerah. Dengan adanya bank gabah ini diharapkan akan dapat membantu petani. (ws)