Lintas Daerah

Timpora Surabaya Amankan 17 WNA Pelanggar Imigrasi

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus Surabaya telah mengamankan dan menindak 27 orang asing yang melanggar keimigrasian selama 2018 ini.

Data Kanim Kelas I Khusus Surabaya, 27 Warga Negara Asing itu, lima diantaranya dilakukan tindakan Pro Justitia di pengadilan dan 22 diantaranya dideportasi.

Kepala Kanim Kelas I Surabaya M. Tamin Satiawan mengatakan, penanganan orang asing itu adalah hasil kerja Timpora secara terpadu dengan frekuensi 5 kali setiap minggu.

Ada beberapa Timpora berdasarkan daerah di wilayah Kanim Kelas I Surabaya. Diantaranya, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto yang dibentuk sejak 2016 lalu.

Menyusul kemudian 64 Timpora kecamatan yang melibatkan Imigrasi, Kecamatan, Koramil, Polsek, dan Kesbangpol yang telah dibentuk sepanjang 2017 silam.

“Tantangan sekarang, maraknya TKA ilegal, narkoba, human trafficking, penyelundupan manusia, masuknya paham tidak sesuai Ideologi negara dan terorisme,” katanya dalam Rapat Penguatan Timpora Surabaya, Rabu (23/5/2018).

Sebab itulah, kata Tamin, seiring berjalannya waktu, semua kegiatan Timpora harus dievaluasi. Terutama demi penguatan fungsi pengawasan keimigrasian. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close