Sepak Bola

Timnas U-19 Kalahkan Yordania 3-2

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Yordania dengan skor tipis 3-2 dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (13/10).

Tim besutan Indra Sjafri ini mencetak gol kemenangan berkat dua gol Firza Andika dan gol bunuh diri bek tim lawan, Saif Adnan.

Sebagai tuan rumah, Garuda Nusantara mengancam area penalti Yordania U-19 lebih dahulu lewat terobosan Syahrial Abimanyu. Namun, pergerakan pemain bernomor punggung sembilan tersebut berhasil diantisipasi pemain bertahan.

Di awal babak pertama, Garuda Nusantara mampu menguasai permainan. Pada menit ke-10, duet Feby Eka Putra dan Witan Sulaeman sempat membuat kerepotan lini pertahanan Yordania U-19.

Kira-kira tiga menit kemudian, Syahrial kembali coba peruntungan cetak gol lewat tembakan dari luar kotak penalti. Namun tendangan dia tidak cukup kuat dan mengarah tepat ke pelukan Ibrahim.

Hingga water break pada pertengahan babak pertama, tak ada serangan berarti yang dihasilkan skuat Yordania U-19. Mereka tak mampu menembus pertahanan dari para penggawa Timnas Indonesia U-19 yakni M. Rifad Marasabessy, Nurhidayat Hani Haris, Firza Andika, dan Indra Mustafa.

Pertandingan berlangsung alot hingga menit ke-38. Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengganti Feby Eka Putra dengan Egy Maulana Vikri.

Penyerang Timnas Indonesia U-19 M. Rafli Mursalim nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-41. Sayang, Rafli tak mampu menyarangkan operan datar dari Saddil Ramdani ke gawang Ibrahim.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya cetak gol di penghujung laga, tepat pada menit ke-45. Operan Egy dari titik sepak pojok, langsung ditendang dengan keras oleh Firza Andika ke pojok kiri bawah gawang Ibrahim. Skuat Merah Putih menutup babak pertama dengan unggul 1-0.

Yordania menciptakan peluang pada menit ke-48 memanfaatkan kemelut di pertahanan Indonesia. Namun, tendangan pemain Yordania masih melambung. Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 mengganti Rafli dengan Hanis Saghara Putra pada menit ke-49.

Hanis nyaris mencetak gol pada menit ke-53. Penyerang bernomor punggung 15 itu gagal menyundul umpan lambung dari Saddil yang terlalu tinggi.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-19 sukses menambah keunggulan pada menit ke-56 lewat gol bunuh diri gelandang Yordania U-19 Saif Al-Deen Adnan Al-Sheibat. Al-Sheibat tak sengaja menyundul bola ke gawang sendiri dari umpan silang Hanif.

Timnas Indonesia U-19 kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-58, Rifad diganti Asnawi Mangkualam Bahar. Tiga menit kemudian, Yordania U-19 mengganti Al-Sheibat dan bek Yousef Mohammad Abual Jazar dengan Bassam Ata Ibrahim Daldoom dan Yazan Abdallah Ayed Alnaimat.

Di menit ke-67, Indra Sjafri kembali mengganti pemain yakni Syahrial diganti M. Rafi Syarahil dan Witan diganti Todd Rivaldo Alberth Ferre.

Gelandang Yordania U-19 Ibrahim Mohammad Sami Sadeh sempat mengancam gawang M. Aqil Savik lewat tendangan bebas pada meni ke-71. Namun Aqil sukses menepis tendangan tersebut ke luar kotak penalti.

Timnas Indonesia U-19 membalas ancaman tersebut lewat gol Firza Andika pada menit ke-75. Pemain bernomor punggung 17 itu melakukan tendangan kaki kiri yang keras dari luar kotak penalti dan menjebol gawang Ibrahim.

Timnas Yordania U-19 akhirnya berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-80 lewat Mohammad Abdel Motalib Aburiziq. Aqil Savik salah langkah dalam mengantisipasi umpan silang sehingga Indonesia kebobolan.

Tujuh menit kemudian, Abdel menggandakan gol Yordania sehingga mempersempit kedudukan jadi 2-3. Kedudukan tersebut berakhir hingga akhir pertandingan.

Laga uji coba ini merupakan yang terakhir sebelum Piala Asia U-19 yang dimulai pada 18 Oktober 2018. Di sana, Timnas Indonesia U-19 berada dalam Grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-19 melawan Taiwan bakal dihelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 18 Oktober pukul 19.00 WIB.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Yordania

Indonesia: Aqil Savik; Nurhidayat Haji Haris, Rifad Marasabessy, Firza Andika, Indra Mustafa; Luthfi Kamal, Syahrial Abimanyu, Feby Eka; Witan Sulaeman, Rafli Mursalim, Saddil Ramdani

Yordania: Waleed Issam, Hadi Omar Ahmed, Danial Ahmed Mustafa, Youssef Mohammad; Saif Aldeen Adnan, Omar Hani Ismail, Hamza Fouad Omran, Ahmad Yasen, Moath Youssef; Khaled Radi Kourdi, Mohammad Wael

KOMENTAR
Tags
Show More
Close