Timnas Indonesia U-19 Dibantai Kroasia 1-7

Timnas Indonesia U-19 Dibantai Kroasia 1-7
Timnas Indonesia U-19

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Timnas Indonesia U-19 kalah telak 1-7 dari timnas Kroasia U-19 dalam laga uji coba International U-19 Friendly di Stadion SEC Mladost, Kroasia, Selasa (8/9) malam waktu Indonesia.

Anak asuh Shin Tae Yong menampilkan performa yang sedikit berbeda pada awal babak pertama dengan melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan.

Pada menit ke-11 Timnas Indonesia memiliki peluang emas. Pergerakan Sandi Arta Samosir di sisi kiri diakhiri dengan sepakan yang masih mampu diblok kiper Renato Josipovic. 

Bola liar gagal dituntaskan dengan baik oleh Irfan Jauhari. Bola yang dilepas Irfan mengenai mistar.

Skuad Garuda tak cukup lama bisa berada di atas angin. Memasuki menit ke-26 Filip Zrilic membawa Kroasia memimpin dengan sundulan akurat ke pojok kiri bawah gawang Adi Satryo. 
Gol diawali kemampuan timnas Kroasia memanfaatkan lebar lapangan dan mengirim umpan silang ke kotak penalti.

Lima menit berselang giliran Arijan Brkovic yang mencetak gol untuk Kroasia setelah menerima umpan dari Antonio Marin. Kendati dibayang-bayangi tiga pemain Indonesia, Brkovic mampu memutar badan dan melepas tembakan keras ke gawang Indonesia.

Satu menit menjelang waktu normal usai, sebuah tendangan sudut Kroasia berbuntut gol yang dilesakkan Marco Boras.

Setelah unggul 3-0 pada babak pertama, tim Vatreni junior menambah keunggulan ketika babak kedua baru berjalan dua menit berkat gol Marin yang melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan dari sayap.

Pesta gol Kroasia bertambah pada menit ke-66. Upaya Zrilic menambah gol dengan memanfaatkan umpan terobosan dari tengah digagalkan Adi Satryo, namun Bruno Zdunic yang tampil sebagai pencetak gol melepaskan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan sang penjaga.

Timnas Indonesia U-19 mencetak gol pada menit ke-71. Umpan Pratama Arhan Rifai dari sisi kiri tak mampu diantisipasi pemain-pemain Kroasia. 

Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi yang muncul dari belakang kemudian melepas tembakan yang tidak mampu diadang pemain dan kiper Kroasia.

Selebrasi Indonesia hanya berlangsung singkat lantaran Marin mencetak gol keenam bagi Kroasia pada menit ke-73.

Pertandingan waktu normal menyisakan dua menit Supriadi dinilai melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua bagi Supriadi dan menunjuk titik putih di kotak penalti Indonesia. Ivan Brnic menuntaskan tugas sebagai algojo tendangan 12 pas yang membuat skor menjadi 7-1 untuk tuan rumah.

Susunan Pemain Inti Timnas Indonesia U-19:

Muhammad Adi Satryo; Pratama Arhan Rifai, Rizky Ridho, Komang Tri, Bayu Fiqri; David Maulana, Witan Sulaeman, Komang Teguh, Sandi Arta; Saddam Gaffar, Irfan Jauhari.