Lintas Daerah

Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Kapal Dihantam Gelombang

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Korban Kapal Motor Penumpang Berkah Saudara dengan rute Pulau Tabuan-Karang Berak-Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, yang pecah dihantam gelombang di perairan Karang Berak, Tanggamus, Kamis (12/4/2018) sekitar pukul 14.30 WIB berhasil dievakuasi tim SAR gabungan.

Tim gabungan, antara lain Rescue Pos SAR Tanggamus, Syahbandar Kota Agung, BPBD Tanggamus, HNSI Kota Agung, Polair Kota Agung, Polsek Kota Agung, dan Pos AL Kota Agung, selain evakuasi korban selamat juga mengevakuasi dua korban meninggal dunia.

“Laporan awal diterima Kantor SAR Lampung dan BPBD Lampung,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Keselamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung, Drs AGP Madiono, di Bandarlampung, Jumat (13/4/2018)

Madiono menjelaskan, kapal penumpang Berkah Saudara yang mengangkut 13 penumpang dan 3 anak buah kapal (ABK), dengan total 16 orang penumpang, dengan rute Pulau Tabuan-Karang Berak-Kota Agung terkena badai, sehingga mengakibatkan kapal pecah dan tenggelam.

Penumpang yang selamat berjumlah 14 orang, terdiri dari 11 orang penumpang dan 3 ABK, dan dua orang meninggal dunia. Semua korban sementara telah dievakuasi ke Karang Berak dan selanjutnya dievakuasi ke Kota Agung.

Prediksi lokasi kapal mengalami kecelakaan pada koordinat 05°43’26.82″S – 104°39’17.52″E atau Radial 176.53° dengan jarak 25,17 km dari Pos SAR Kabupaten Tanggamus.

Pada pukul 18.10 WIB, Tim Rescue Pos SAR Tanggamus bergerak menuju lokasi kejadian untuk membantu evakuasi korban yang berada di Pekon Teluk Berak menggunakan RIB 01 Lampung Pos SAR tanggamus, dan berkoordinasi dengan kapten kapal Berkah Saudara terkait jumlah pasti penumpang dan data korban.

“Kami terus memantau penanganan kecelakaan kapal penumpang ini,” ujar Madiono dari BPBD Lampung. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close