Nasional

Tim Observasi Corona, 280 Tim Gabungan Dilepas ke Pulau Sebaru

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengungkapkan sebanyak 280 anggota tim gabungan dengan misi observasi 188 WNI dari Kapal World Dream terkait Virus Corona diberangkatkan ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Ia menambahkan, pasukan gabungan itu diberangkatkan dengan menggunakan KRI Banda Aceh dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2020).

Yudo Margono mengakui, persiapan observasi para WNI ini cukup singkat dan mendadak. Meski begitu, dirinya meyakini seluruh anggota siap menjalankan misi tersebut.

“Sekali lagi kita siap melaksanakan kegiatan tentunya dengan baik aman dan lancar,” katanya, di lokasi.

Kegiatan ini, kata dia, sebenarnya tak berbeda jauh dengan misi observasi penyelamatan yang sebelumnya dilakukan di Natuna terhadap WNI yang dievakuasi dari Wuhan.

Yang berbeda dari misi ini adalah pelaksanaan observasi di pulau tanpa penghuni. Karena itu, pelengkapan peralatannya banyak melibatkan kapal milik TNI Angkatan Laut.

Yudo juga memastikan gedung yang nantinya dijadikan tempat observasi WNI ini telah tersedia berupa pondokan atau cottage yang aman, dan cukup nyaman.

“Ya hanya tempatnya yang berbeda. Tapi untuk organisasinya hampir sama. Karena ini di pulau sehingga banyak melibatkan kapal-kapal angkatan laut,” kata dia. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close