Pendidikan

Tim Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Raih Emas PIMNAS 32

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Tim Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVYK) menempati juara pertama kategori poster di Progran Kreativitas Mahasiswa Masyarakat Kelas PKM-M1 dakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Pimnas ke-32 27-31 Agustus di Universitas Udayana, Denpasar, Bali.

Tim yang yang beranggotakan Aan Munandar (Teknik Geofisika 2018), Afief Manaaf Muzhoffar (Teknik Pertambangan 2017), Aurora Yupita Achmada (Agribisnis 2018), Muhammad Asslam Ridho (Teknik Geofisika 2018) dan Noer Avivah (Teknik Geofisika 2018), berhasil meraih gelar juara setelah menyisihkan 20 judul lainnya dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Singgih Saptono, di Yogyakarta, Minggu (1/8/2019) mengatakan,  dalam kompetisi ini mereka mengajukan program pengabdian berjudul “Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang, Sebagai Pengembangan Karakter Milenials di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang.”

Judul pengabdian masyarakat yang mereka usung tersebut secara garis besar memaparkan mengenai program pendidikan dan pengembangan karakter generasi millennials yang berbasis menjunjung tinggi hak-hak anak.

“Pasar Kembang atau yang dikenal dengan Sarkem merupakan daerah lokalisasi di kawasan Yogyakarta. Anak-anak yang tinggal di daerah tersebut rentan meniru apa yang mereka lihat dan melakukan apa yang biasa terjadi di lingkungannya,” kata.

Program sekolah non-formal Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang ini diadakan setiap 2 minggu sekali dan berlangung pada sore hari selama 2 jam. Sekolah Rakyat ini memiliki kurikulum yang telah dirancang disetiap pertemuannya meliputi Arti penting cita cita, Manfaat menabung, Mitigasi bencana, Cinta Lingkungan, Kebersihan lingkungan, Nilai nilai Pancasila, Kreativitas, Kebudayaan Indonesia, serta adanya Pendampingan Akademik meliputi bentuan pengerjaan tugas anak hingga konsultasi materi sekolah. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close