Nasional

Usut Kasus Haji, Tim Mabes Polri Berangkat ke Filipina

JAKARTA (SenayanPost.com) – Tim Mabes Polri berangkat ke Filipina untuk mendalami kasus paspor haji Indonesia.
“Hari ini tim berangkat ke Filipina,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Rabu (24/8/2016).
Boy melanjutkan maksud keberangkatan tim itu ke Filipina yakni untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, khususnya dari para korban jemaah haji yang kini masih berada di sana.
“Pemeriksaan ini penting supaya bisa didapatkan bahan keterangan ‎untuk proses penyidikan selanjutnya. Semoga nanti keterangan para korban ini bisa semakin memperjelas posisi para agen travel yang memberangkatkan mereka,” katanya.
Sebelumnya sebanyak 177 calon jemaah haji ilegal asal Indonesia ditahan pihak Imigrasi Filipina. Mereka diduga memanfaatkan sisa kuota haji yang diterima Filipina dari Pemerintah Arab Saudi.
Baca Juga: Mabes Polri: Agen Perjalanan Haji Tak Berizin
Mereka ditahan di Pusat Tahanan Biro Imigrasi Camp Bagong Diwa Bicutan, Manila. Mereka ditangkap bersama lima warga Filipina yang membawa mereka ke maskapai Philipine Airlines untuk penerbangan ke Arab Saudi, Jumat, pekan lalu.
Para jemaah asal Indonesia itu membayar mulai 6.000 hingga 10.000 dollar AS per orang menggunakan kuota haji yang diberikan Arab Saudi kepada Filipina. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close