Tim Dokter Nyatakan Trump Tak Lagi Berisiko Tularkan Virus Corona

Tim Dokter Nyatakan Trump Tak Lagi Berisiko Tularkan Virus Corona
Presiden AS Donald Trump dinyatakan telah sembuh dari Covid-19 (foto CNNIndonesia)

JAKARTA, SENAYANPOAT.com - Tim dokter kepresidenan Amerika Serikat (AS) menyatakan Presiden Donald Trump aman untuk menghentikan masa isolasi mandiri. Orang nomor satu di AS itu dipastikan tak lagi berisiko menularkan virus corona penyebab Covid-19.

"Saya dengan senang hati melaporkan bahwa Trump telah aman untuk menyelesaikan masa isolasi. Ia dianggap tidak lagi berisiko menularkan virus pada orang lain," ujar kepala tim dokter, Sean Conley, dalam sebuah pernyataan, mengutip AFP.

Trump kembali menjalani tes swab PCR pada Sabtu (10/10/2020) pagi. Hasilnya memperlihatkan tidak ada lagi bukti replikasi virus corona yang aktif. Tingkat viral load ditemukan menurun.

Kendati demikian, Conley tak secara spesifik menegaskan bahwa Trump telah negatif dari Covid-19. "Trump sudah tidak demam dan gejalanya membaik," ujar Conley.

Sebagaimana diketahui, Presiden Trump sempat menjalani perawatan di rumah sakit setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada pekan lalu. Dia dipulangkan ke Gedung Putih pada Senin (5/10) meski masih berstatus positif.

Trump menduga dirinya terinfeksi saat menghadiri acara keluarga mendiang salah satu tentara AS, Gold Star Family pada 27 September lalu. Kala itu, acara tak digelar dengan menaati protokol kesehatan.

Sebelumnya, sempat juga ada dugaan bahwa Trump tertular virus corona dari Sekretaris Kepresidenan Hope Hicks.

Selain Trump, sejumlah pejabat dan orang di sekitar Gedung Putih juga terkonfirmasi positif. Diantaranya termasuk istri Trump, Melania; Juru Bicara Gedung Putih, Kayleigh McEnany; hingga penasihat senior, Stephen Miller. (WS)