Hukum

Tiga Truk Bahan Peledak Teroris Dimusnahkan Polda Jatim

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Jajaran Brimob Polda Jatim melakukan disposal atau pemusnahan barang bukti yang didapat dari para pelaku bom bunuh diri dan terduga teroris.

Sebanyak tiga truk barang bukti dimusnahkan di kawasan Watu Kosek, Mojokerto. Disposal sendiri berlangsung sukses dan aman. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera tidak menyebutkan bagaimana proses disposal tersebut.

“Saya bukan ahlinya itu, jadi soal cara disposal saya tidak tahu. Itu yang lebih tahu Brimob,” kata Frans Barung, Rabu (16/5/2018).

[ads2[

Tiga truk barang bukti itu diamankan dari beberapa tempat, diantaranya dari pelaku bom bunuh diri Dita Upriyanto, dari Tri Murtiono serta Anton Febriyantono. Barung mengatakan dari barang bukti itu yang paling banyak berupa bahan pembuatan bom racikan.

“Ya, di Rusunawa Wonocolo itu yang dapat bahan paling bayak. Juga dari yang lainnya,” lanjut Barung.

Sebelumnya, juga sudah dilakukan disposal barang bukti di lapangan latihan militer Kodim Surabaya Timur di sekitar taman konservasi hutan mangrove Gununganyar.

Saat itu yang dimusnahkan diantaranya dari Dita Upriyanto ada tiga bom aktif didalam ransel. Bahan peledak racikan jumlahnya cukup banyak, termasuk senapan angin, rangkaian elektronik untuk menghubungkan dengan baterai, kabel, bahan peledak bom pipa ada 15 buah, busur dan anak panah.

Kemudian di rumah Tri Murtiono Medokan Ayu Tambak Gang 6, ada jenis bom pipa sebanyak enam buah, bom aktif dua buah, bahan elektronik, kabel, baterai, detonator, dan berbagai peralatan seperti timbangan dan lainnya.

Di rumah Anton di Rusunawa Wonocolo Blok B lantai 5 Taman, Sidoarjo didapat berbagai barang bukti seperti satu buah bom aktif, bahan dasar pembuatan bom. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close