Nasional

Tiga Suster Katolik Nyanyikan ‘Selamat Lebaran’, PBNU: Upaya Perkokoh Persaudaraan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) menilai video viral yang menunjukkan tiga orang suster Katolik menyanyikan ucapan selamat lebaran bertema islami sebagai bentuk toleransi. Hal ini dinilai sebagai upaya memperkokoh persaudaraan antara umat beragama.

“Dimana masalahnya umat agama lain mengucapkan selamat Idul Fitri? Sepanjang tidak mempertaruhkan aqidah (teologi) dan bukan bagian dari ritual agama lain, itu masuk ruang toleransi,” kata Ketua PBNU, Robikin Emhas.

Robikin mengatakan ucapan selamat berbagai bentuknya dari pemeluk agama lain merupakan hal yang tidak perlu dipermasalahkan. Justru itu, menurutnya upaya memperkokoh persaudaraan.

“Ucapan selamat melalui karangan bunga, surat ucapan atau lagu seperti itu tidak perlu dipersoalkan. Bahkan boleh dibilang merupakan bagian dari upaya memperkokoh persaudaraan antar sesama manusia (ukhuwah insaniyah),” ucapnya.

Dia juga menjelaskan ada 3 ukuwah terkait hal tersebut yakni ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama warga negara) dan ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama pemeluk Islam). Menurutnya yang dilakukan ketiga suster tersebut sebagai bentuk persaudaraan sesama manusia dan warga negara.

“Itu artinya, tidak ada ruang kebencian bagi orang lain yang berbeda. Mengapa? Karena itu bagian dari ajaran agama. Dengan prinsip seperti itu, maka terwujudnya dunia yang damai dan menjunjung tinggi harkat martabat kemanusiaan,” ujarnya.

Seperti diketahui, di media sosial viral video tiga orang suster Katolik yang menyanyikan lagu bertema Islami. Banyak netizen yang merespons positif lagu ini viral di tengah umat Islam merayakan Idul Fitri 1441 H.

Video suster menyanyikan lagu religi ini banyak dibagikan di media sosial, seperti Twitter, Instagram, Facebook, ataupun YouTube. Ketiga suster ini dengan kompak menyanyikan lagu ‘Selamat Lebaran’. Banyak netizen yang memuji karena ketiganya membawakan lagu ciptaan komponis legendaris yang juga pahlawan nasional, Ismail Marzuki, itu secara harmonis.

Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji aksi ketiga suster ini. Dia mengunggah ulang video tersebut di akun Instagram pribadinya.

“Suaranya baguuuuus…. 🇮🇩❤️ makasih ya,” tulisnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close