Lintas Daerah

Tiga Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Sidoarjo Kekurangan APD dan Masker

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Antisipasi bertambahnya jumlah pasien Covid-19, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengecek satu persatu tiga rumah sakit rujukan.

Rumah sakit pertama yang didatangi rombongan Satgas Covid-19 Pemkab Sidoarjo adalah rumah sakit Mitra Keluarga, Waru, kemudian rumah sakit Siti Khadijah, Taman, dan terakhir rumah sakit Anwar Medika Balongbendo. Selasa, (31/3/2020).

Di rumah sakit Mitra Keluarga Waru saat ini sedang menangani 4 pasien PDP. Daya tampung yang sudah dipersiapkan pihak manajemen sampai 6 pasien.

Dari pengamatan di lokasi oleh satgas penanganan Covid-19 Pemkab Sidoarjo, penanganan pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di RS Mitra Keluarga cukup bagus. Dengan menerapkan standart SOP (Standar Operasional Prosedur) mulai dari ruangan isolasi hingga tenaga medis diberi ruangan khusus.

Hal yang sama juga dilakukan di RS Siti Khadijah yang saat ini merawat dua pasien PDP, pelayanan terhadap pasien covid-19 sangat siap, dari pantauan di lokasi nampak ruang isolasi yang tersedia bisa menampung 6 pasien. Sedangkan rumah sakit Anwar Medika saat ini sedang merawat tiga pasien PDP, sedangkan ruang isolasi mampu menampung 4 orang pasien.

Dari hasil kunjungan terhadap kedua rumah sakit tersebut, permasalahan yang ditemukan kurangnya alat pelindung diri (APD) dan maskes N95. Mereka para pengelola rumah sakit rujukan berharap kepada pemkab Sidoarjo agar segera mengirim APD dan maskes N95.

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin yang juga sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 berjanji dalam waktu dekat jika alat pelindung diri (APD) dan maskes N95 yang sudah dipesan oleh dinas kesehata kabupaten Sidoarjo bila barangnya sudah tiba maka akan segera di distribusikan kepada lima rumah sakit rujukan di Sidoarjo.

“Kita datangi langsung ke setiap rumah sakit rujukan untuk melihat langsung penanganan pasien PDP maupun pasien positif covid-19. Dari pengamatan langsung, ketiga rumah sakit rujukan sangat siap dalam mengangani pasien covid-19,” ujar Wabup Nur Ahmad. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close