Kriminal

Tiga Pencuri Spesialis Traktor Sawah Dibekuk Polisi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap tiga orang yang selama ini melakukan pencurian dengan sasaran traktor sawah.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi mengatakan tuga tersangka yang diamankan pada Kamis (5/12/2019) dinihari yaitu Suradiyono, 66 dan Suparman, 41 keduanya warga Sleman serta Suyono, 36 warga Surakarta.

“Tiga orang ini memang spesialis pencurian mesin traktor yang oleh beberapa petani ditinggal di area sawah karena pekerjaan belum selesai,” katanya di Mapolres, Senin (9/12/2019).

Ketiga tersangka ini menurut Wachyu selalu melakukan survei pada siang hingga menjelang sore. Setelah sasaran ditemukan, eksekusi dilakukan pada dinihari. Untuk mengangkut barang curian itu, ketiganya menggunakan mobil pikap sewaan bernopol AD 8470 NU.

Kedua orang ini hanya membutuhkan waktu 30 menit dari turun mobil sampai membawa barang curian di titik jemput. Mereka memang ahli.

Dalam aksi terakhirnya, sebelum ditangkap di perempatan Terminal Giwangan. Ketiganya melakukan aksi di areal persawahan Kecamatan Sanden, Bantul. Ketiga berhasil membawa lari dua mesin diesel merek Kubota dan Yanmar senilai total Rp30 juta.

Kapolres menyatakan sempat terjadi kejar-kejaran, mulai dari pesisir selatan sampai Terminal Giwangan. Petugas sempat melepaskan dua tembakan ke mobil, tapi kendaraan tersangka baru berhenti setelah menabrak truk yang berhenti di lampu merah.

“Suparman berusaha melarikan diri dan terpaksa dilumpuhkan petugas,” ujar Kapolres.

Traktor curian ini selanjutnya dijual ke penadah seharga Rp4 juta per unit. Ketiga pelaki dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close