Tiga Astronaut China Pulang dari Misi Stasiun Antariksa Tiangong

Tiga Astronaut China Pulang dari Misi Stasiun Antariksa Tiangong
Newsdir3

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kapsul Luar Angkasa China, Shenzhou-12, hari ini kembali ke Bumi dari proyek stasiun luar angkasa Tiangong dengan membawa tiga astronaut.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (17/9/2021), kapsul antariksa itu lepas dari modul utama astronaut Tianhe di Tiangong pukul 08.56 waktu China pada Kamis (16/9/2021) kemarin.

Kapsul itu membawa tiga astronaut China, yakni Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo. Mereka sudah berada di luar angkasa selama 90 hari, dan menjadi misi antariksa paling lama yang dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu.

Shenzhou-12 taikonauts ready to return to Earth ahead of China's Moon  Festival after record-long stay in orbit - Global Times

Sebelum mendarat, ketiga astronaut itu terlebih dulu melakukan proses penghitungan proyeksi jarak dan titik pendaratan, kemudian meluncur memasuki atmosfer Bumi.

Selama memasuki atmosfer Bumi, komunikasi antara kapsul dan pusat pengendali dan komunikasi Badan Pesawat Luar Angkasa China (CMSA) akan terputus sekitar empat sampai enam menit.

Kapsul itu diperkirakan akan mendarat di wilayah Otonomi Pedalaman China-Mongolia pada hari ini.

Menurut laporan saat ini tim evakuasi di darat sudah bersiap menyambut ketibaan kapsul itu.

Selama tiga bulan misi antariksa, ketiga astronaut itu menyelesaikan sejumlah penugasan yakni mengatur kombinasi antara modul inti dengan pesawat ulang-alik kargo Tianzhou-2, mengunduh data penelitian, memasang kamera panoramik buat mengambil citra Bumi dari luar angkasa, serta membersihkan jalur dan menyiapkan persediaan di orbit dengan dipandu CMSA dari Bumi.

Ketiga astronaut itu meluncur ke luar angkasa pada 17 Juni lalu dengan pesawat ulang-alik Shenzhou-12 dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan.