Ekonomi

The Fed Pertahankan Suku Bunga jadi Katalis Negatif bagi Rupiah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot kemarin, Kamis (2/5), naik tipis. Keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga menjadi salah satu sentimennya.

Lantas, bagaimana gerak rupiah hari ini, Jumat (3/5/2019)?

Berdasarkan data Bloomberg, pada penutupan perdagangan kemarin, rupiah ditutup pada level Rp14.252 per US$, menguat 0,035 persen atau 5 poin. Ini adalah penguatan pertama setelah melemah dalam 7 hari berturut-turut.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa langkah The Fed mempertahankan tingkat suku bunga acuannya pada level 2,25% hingga 2,5% seperti yang diekspetasikan pasar justru menjadi katalis negatif untuk rupiah sehingga pergerakannya cenderung terbatas.

“Hal tersebut dikarenakan, Gubernur The Fed Jerome Powell dan koleganya dalam FOMC Meeting ternyata mengeluarkan pernyataan yang jauh dari kata kalem alias dovish,” ujar Ibrahim.

Ketua The Fed Jerome Powell menegaskan bahwa kebijakannya saat ini masih layak untuk dipertahankan. Pihaknya tidak melihat tanda-tanda yang kuat untuk menuju ke arah sebaliknya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia kemarin ditetapkan Rp14.245 per dolar. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close