Politik

TGB: Jokowi Konsisten Bangun Indonesia Timur

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zanul Majdi telah menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo untk maju kembali dalam Pilpres yang akan digelar pada 2019 mendatang. Dukungan itu bukan tanpa alasan. TGB mengaku serius mencermati kerja Jokowi dalam empat tahun terakhir.

Nah, dari hasil pengamatannya, konsistensi Jokowi dalam pemerataan pembangunan menjadi poin penting.

“Ada konsistensi untuk memperhatikan sisi-sisi yang secara kalkulasi ekonomi tidak langsung berdampak pada ekonomi Indonesia. Artinya tidak terlalu besar berdampak,” ujarnya.

TGB memberi contoh, pembangunan di kawasan Indonesia timur. Dari segi biaya, kata dia, pembangunan yang dilakukan selama ini menghabiskan anggaran yang sangat besar.

“Tapi belum tentu kemanfaatan ekonomi, sumbangan ekonominya ke Indonesia, perekonomian nasional setara dengan apa yang dikeluarkan pemerintah. Walaupun demikian, itu dilakukan dan itu konsisten,” ucapnya.

“Tidak hanya di NTB, bagaimana beliau bolak-balik ke Papua memonitor pembangunan yang berjalan di sana,” imbuh Ketua DPD Demokrat NTB ini.

Bagi TGB, pemerataan pembangunan memang harus dilakukan pemerintah pusat. Semua rakyat Indonesia harus merasakan kesetaraan.

Khusus di NTB, TGB mengaku pernah menyampaikan kepada Jokowi bahwa pihaknya merasa pelaksanaan program pemerintah pusat mampu mengakselerasi pembangunan di daerahnya.

“Saya sampaikan, kami berharap apa-apa yang dilakukan sekarang termasuk pembangunan infrastruktur Mandalika itu segera bisa dipercepat,” ucapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close