Tes CPNS Tahun 2018 Diprediksi Diikuti 6 Juta Pendaftar

Tes CPNS Tahun 2018 Diprediksi Diikuti 6 Juta Pendaftar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, memprediksi jumlah pendaftar calon pegawai negeri sipil atau CPNS akan mencapai 6 juta orang. Jumlah pendaftar CPNS 2018, meningkat dari 2017, dengan jumlah pendaftar mencapai 2,4 juta orang.

Untuk mengantisipasi banyaknya pendaftar CPNS, kata Bima, pemerintah akan melakukan berbagai kesiapan infrastruktur. Sebab, Bima mengakui, website kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) masih memiliki daya tampung data sebanyak 50 ribu per hari.

“Yang saya khawatirkan di Dukcapil. Tetapi, hari ini kita mau pastikan apakah pansel bisa untuk penerimaan CPNS, karena sehari hanya sampai 50 ribu (data). Kalau sampai dua juta, bagaimana?” kata Bima di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Karena itu, saat ini pihaknya sedang melakukan peningkatan dan perbaikan untuk meningkatkan performa situs, yang akan digunakan calon peserta tes CPNS.

“Kita sekarang juga lagi stres tes, kita lakukan kalau pun tidak bisa akan kita perbaiki aplikasi sscn-nya (website pendaftaran cpns),” kata dia.

Untuk diketahui, pembukaan pendaftaran CPNS 2018 akan dilakukan pada tanggal 16-20 September 2018. Total pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi, baik di instansi pusat maupun daerah.