Internasional

Terungkap, Tim Sepak Bola Remaja Thailand Masuk Goa untuk Ritual

MAE SAI, SENAYANPOST.com – Terungkap kenapa para remaja yang tergabung dalam tim sepak bola di Thailand masuk ke goa dan menyebabkan mereka terperangkap. Ternyata, itu dilakukan untuk suatu ritual inisiasi.

Hal itu dibeberkan oleh seorang penyelam asal Belanda, Ben Reymenants yang ikut dalam proses penyelamatan tim sepak bola remaja itu

Sky News via New York Post memberitakan Selasa (3/7), Reymenants mengatakan tim itu beserta pelatihnya datang dengan sepeda pada 23 Juni lalu ke Goa Tham Luang di Chiang Rai.

Sampai di mulut goa, mereka meletakkan sepeda, tas, sepatu, dan kemudian sambil berendam mereka menuju ke bagian terdalam.

“Di ujung goa, mereka harus menuliskan nama sebagai bagian inisiasi sebelum kembali lagi,” kata penyelam yang punya sekolah menyelam di Phuket tersebut.

Namun, hujan deras yang mengguyur membuat pintu keluar tergenang air yang membuat mereka terjebak tanpa sepatu dan hanya satu senter yang mereka punya.

Nah, kini untuk mengeluarkan mereka menjadi pekerjaan tersulit yang bakal dihadapi oleh otoritas Thailand dan relawan. Sebab, sepanjang pengamatannya, Goa Tham Luang merupakan goa paling eksrem yang pernah ditemui karena jauh dan rumit.

Keputusan untuk mengajarkan mereka cara menyelam juga sedikit banyak menimbulkan risiko bagi 12 remaja dan seorang pelatihnya itu.

Selain harus menempuh jarak sekitar 2.4 kilometer, terdapat beberapa celah yang sempit di mana mereka tidak bisa melihat sama sekali.

“Menuntun mereka melewati celah itu bakal cukup menantang. Sebab, ada kemungkinan mereka bakal panik di dalam air,” kata Reymenants.

Saat ini, anak-anak itu terlalu lemah jika harus menyelam keluar dari goa. Dokter angkatan laut Thailand menuju ke tempat mereka untuk memberi makanan bernutrisi tinggi.

“Pertama, mereka harus mendapat kekuatan mereka kembali. Sebab, untuk berdiri saja mereka hampir tidak sanggup,” ucapnya.

Sebelumnya, anak-anak yang berusia antara 11-16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun ditemukan pada Senin (2/7) setelah hilang sembilan hari.

Untuk mengeluarkan mereka, angkatan laut dibantu relawan penyelam memberikan kursus singkat cara menyelam. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close