Internasional

Terkuak, Trump Bantu Orangtuanya Hindari Pajak

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Investigasi The New York Times mengungkap temuan mengejutkan. Dalam laporannya, The New York Times menyebut jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump membantu orangtuanya untuk mengindari pajak. Trump kini pun disorot oleh otoritas pajak negara bagian New York.

Melansir dari AFP dan CNN, Selasa (2/10), Trump membantu orangtuanya untuk mengindari pajak senilai jutaan dollar pada 1990-an. Dia juga disebut memiliki kekayaan lebih banyak dari kerajaan real estate ayahnya, Fred Trump, daripada yang diklaimnya dulu.

Menurut analisis The New York Times, mulai usia tiga tahun, Trump berhasil mengumpulkan sekitar USD413 juta (dihitung pada nilai saat ini) dari bisnis properti sang ayah.

Dia dan saudara-saudaranya membantu orangtuanya mengumpulkan kekayaan dengan menyembunyikan jutaan dollar dalam pemberian di perusahaan palsu.

Trump juga membantu merumuskan strategi bagi orangtuanya untuk menurunkan nilai kepemilikan real estate pada pajak penghasilan guna mengurangi tagihan pajak mereka.

Lebih dari satu bulan penyelidikan, New York Times meninjau sekitar 100.000 halaman dokumen keuangan seperti laporan bank, audit keuangan, laporan pencairan uang tunai dan cek yang dibatalkan.

Penyelidikan itu termasuk, lebih dari 200 surat pemberitahuan pajak penghasilan dari Fred Trump dan kemitraan serta kepercayaan keluarga Trump lainnya.

New York Times juga mewawancarai beberapa mantan karyawan dan penasihat ayahnya.

Menanggapi laporan The New York Times, pengacara Trump, Charles Harder, mengatakan hal tersebut keliru dan justru mencemarkan nama baik.

“Tudingan New York Times tentang penipuan dan penghindaran pajak adalah 100 persen salah, dan sangat mencemarkan nama baik,” ucapnya.

“Tidak ada penipuan atau penghindaran pajak oleh siapa pun. Fakta yang mendasari Times atas tuduhan palsu itu sangat tidak akurat,” imbuhnya.

Sementara, adik Trump, Robert Trump, menyatakan semua pajak yang diperlukan telah dibayarkan.

“Ayah tersayang kami, Fred C. Trump, meninggal pada Juni 1999. Ibu kami yang tercinta, Mary Anne Trump, meninggal pada Agustus 2000,” kata Robert Trump dalam pernyataannya kepada The Times.

“Keluarga kami tidak berkomentar mengenai hal yang terjadi sekitar 20 tahun lalu,” ucapnya.

“Kami akan menghargai Anda dengan menghormati privasi orangtua kami yang telah tiada, semoga Tuhan menyertai jiwa mereka,” pungkasnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close