Terkait 1MDB, Yacht Mewah Dikembalikan ke Malaysia

Terkait 1MDB, Yacht Mewah Dikembalikan ke Malaysia

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia mengembalikan kapal pesiar mewah yang diduga terkait korupsi 1MDB ke Malaysia.

Kapal Pesiar Equanimity diyakini berharga senilai USD 250 juta atau setara Rp3,6 triliun.

Alat transportasi yang dimiliki pengusaha mitra dekat eks PM Najib Razak, Jho Low disita pada Febuari lalu di Bali.

Menurut Mahathir langkah Indonesia mengembalikan Equanimity sangat membantu penyelidikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan Najib Razak itu.

“Kami senang Equanimity sudah diserahkan Indonesia kepada kami,” sebut Mahathir seperti dikutip dari Chanel News Asia, Selasa (7/8).

Secara khusus Mahathir mengucap terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah menjalin kerjasama erat untuk membawa kembali kapal pesiar itu.

Rencananya kapal Equanimity akan tiba di Malaysia pada Selasa (8/7) tepatnya di Pulau Indah, Pelabuhan Klang. Keterangan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat lokal Malaysia yang menolak diungkap namanya.

Menanggapi penyitaan kapal dan penyerahan kembali ke Pemerintah Malaysia, pengacara Low menilai aksi tersebut sebagai tindakan ilegal.

“Mahathir memilih untuk membawa aset itu secara ilegal ke sistem Malaysia yang curang serta dimanipulasi oleh seorang individu yang hanya peduli dengan kekuasaan politiknya yang absolut,” ujar pengacara Low.

Low sampai saat ini, keberadaanya masih samar. Meski demikian, aparat keamanan Negeri Jiran telah mengeluarkan surat penangkapan bagi Low. (WW)