Lintas Daerah

Terima Bantuan Pangan Telur Busuk, Warga Jombang Muntah-Muntah

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Sejumlah warga Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Jombang, muntah-muntah saat berada di balai desa setempat untuk menerima paket Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Minggu (25/11/2018).

Hal itu terjadi ketika warga yang menerima bantuan paket pangan tersebut mencium bau busuk. Setelah ditelisik, ternyata bau busuk tersebut berasal dari paket berupa telur. Memang, dalam pembagian tersebut, KPM (keluarga penerima manfaat) mendapatkan beras 5 kilogram dan telur 20 butir.

Adalah Musriati (45), salah satu warga yang menerima program BPNT. Saat mencium bau busuk, Musriati curiga dan mengecek kondisi telur dengan memecah satu butir. Begitu telur dipecah, bau busuk langsung menusuk hidung.

Akibatnya, beberapa warga sempat muntah-muntah karena tak tahan bau telur busuk tadi. Tak hanya busuk, beberapa telur bahkan sudah dikerubuti belatung.

“Telurnya busuk. Kalau bisa diganti. Masak seperti ini disuruh mengosumsi,” kata Musriati.

Ternyata tak hanya Musriati yang ketahuan menerima telur dalam kondisi busuk. Beberapa warga yang lain juga mengalami hal serupa, dan akhirnya mengembalikannya ke pihak desa.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Morosunggingan, Suyanto, mengungkapkan, paket telur dan beras untuk sekitar 300 orang keluarga penerima manfaat (KPM) program BPNT tersebut datang di balai desa setempat pada Kamis (22/11/2018).

Oleh pihak desa kemudian dibagikan Minggu (25/11/2018). Masing-masing KPM menerima paket berupa 20 butir telur dan 5 kilogram beras. Satu per satu warga penerima BPNT dipanggil dan menerima jatahnya.

“Pembagian paket pangan ini terpaksa kami hentikan. Karena kondisi telur tidak layak konsumsi. Kami sudah minta persetujuan dari BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Kami akan meminta ganti ke pemasok melalui pendamping,” kata Suyanto.

“Sekitar 60 persen dari total 300-an paket telur yang kondisinya tak layak konsumsi. OLeh sebab itu, banyak KPM yang mengembalikan jatah miliknya,” pungkasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close