Hukum

Tergenang Banjir, 657 Napi Lapas Pekalongan Dipindah

PEKALONGAN, SENAYANPOST.com – Sebanyak 657 napi penghuni Lapas Kelas IIA Pekalongan dipindahkan ke sejumlah lapas di Jawa Tengah lantaran banjir rob yang melanda Kota Pekalongan.

Proses pemindahan napi dilakukan secara bertahap sejak Jumat (25/5) lalu dengan bantuan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Dari jumlah 657 napi tersebut, 331 di antaranya dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

“Ya mau tidak mau harus kami pindahkan, karena seluruh kamar di Lapas Pekalongan termasuk tempat tidurnya tergenang oleh rob. Kondisi ini berakibat terganggunya suplai air bersih,” kata Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami, Senin.

Lapas Pekalongan dihuni 769 warga binaan. Hingga hari ini, masih ada 111 warga binaan tinggal di kamar lapas yang tergenang rob.

“Napi yang masih tinggal ada 111 orang, masih menunggu giliran untuk dipindah. Mereka sekarang ya pakai sarung atau kain yang dibentangkan untuk tidurnya,” ujar Plt Kalapas Pekalongan Bawono Ika.

Kondisi yang sama juga dialami sejumlah tahanan Polsek Kota Pekalongan yang juga tergenang rob. Dua Polsek yang terparah adalah Polsek Pekalongan Utara dan Polsek Tirto.

Kapolres Kota Pekalongan AKBP Feri Sitepu mengatakan seluruh tahanan di Polsek tersebut dipindahkan ke Polres Kota Pekalongan.

“Semua tahanan di Polsek kami tarik semua ke Polresta, tidak ada yang bermalam di Polsek. Status penanganan perkara tetap di Polsek masing-masing karena aktivitas kerja dan pelayanan masyarakat tetap berjalan seperti biasa,” ucap Feri.

Kondisi banjir rob yang menggenangi sejumlah Polsek di Kota Pekalongan ini mendapat perhatian khusus dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono yang datang langsung meninjau Polsek Pekalongan Utara pada Senin (28/5) siang. .

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close