Terekam Kamera, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Sapi Warga Langkat

Terekam Kamera, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Sapi Warga Langkat
Sebanyak lima ekor sapi ternak milik warga di Dusun Batu Katak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dimangsa harimau sumatera. Foto/iNews TV

LANGKAT, SENAYANPOST.com - Sebanyak lima ekor sapi ternak milik warga di Dusun Batu Katak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat dimangsa harimau sumatera. 

Sejumlah bangkai sapi ditemukan dalam keadaan tidak utuh pada, Senin pagi (11/1/2021).

"Sebelumnya hanya berjarak 5 kilometer harimau sumatera juga memangsa dua ekor sapi di Desa Lau Damak, Kabupaten Langkat . Ini membuat kami cemas, " kata Imran salah satu warga Sindonews.

Sementara Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Hotmauli Sianturi mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi petugas harimau sumatera yang memangsa ini masih harimau yang sama yang sebelumnya terekam kamera trap .

“Jejak harimau sumatera terlihat di beberapa titik bahkan kamera trap yang dipasang oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara merekam saat seekor harimau memangsa sejumlah sapi warga,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Hotmauli Sianturi.

Petugas juga terus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mengubah pola beternak dengan tidak meninggalkan hewan di hutan dan diikat di batang pohon .

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah di malam hari,” timpalnya.

Diduga kuat, kata dia, harimau sumatera keluar dari hutan dikarenakan ternak warga yang tidak dikandangkan. Hal ini membuat harimau dengan mudah mencari mangsa dengan keluar hutan dan masuk ke areal pemukiman warga.