Lintas Daerah

Terbakar Sejak Kemarin, Api di Gunung Lawu Mulai Padam

KARANGANYAR, SENAYANPOST.com – Api yang membakar hutan Gunung Lawu, Karanganyar, terpantau semakin kecil dan mulai padam. Kebakaran di Gunung Lawu sudah terjadi sejak kemarin sore.

“Kemarin kan ada empat titik. Sekarang masih satu titik yang belum padam, meskipun sudah mengecil,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Jatmiko, Rabu (20/6).

Ia mengatakan jarak antara titik api dengan jalur pendakian cukup jauh, sehingga sangat sulit untuk mendekat. BPBD bersama para relawan hanya melakukan lokalisasi agar api tidak menyebar lebih jauh.

“Api terus dipantau. Masyarakat juga sudah siap-siap kalau api mengarah ke pipa air. Tapi untungnya masih jauh,” ucapnya.

Petugas sebelumnya sempat kesulitan untuk melakukan pemantauan karena kabut yang tebal. Namun cuaca yang berkabut disertai hujan ringan itu dapat membuat api lebih cepat padam.

“Ini tadi saya naik juga masih hujan. Semoga semakin cepat padam,” sebutnya.

Meski jarak titik api dengan jalur pendakian cukup jauh, para pendaki tetap dilarang naik ke puncak. Setelah petuga menyisir jalur, seluruh pendaki sudah dipastikan turun. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close