Ekonomi

Tenun Bali dan Batik Solo Diperkenalkan pada Delegasi IMF-WB

DENPASAR, SENAYANPOST.com – Tenun Nogo Bali dan Batik Sharma Solo, sebagai dua UKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM diperkenalkan pada delegasi dan tamu undangan acara pertemuan tahunan IMF-WB di Paviliun Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring di Paviliun Indonesia Nusa Dua Bali, Selasa (9/10/2018) mengatakan pihaknya mengusulkan produk UKM unggulan untuk dipamerkan di Paviliun Indonesia selama acara pertemuan tahunan IMF-WB 2018.

“Kami mengusulkan 4 UKM unggulan, dua yang terkurasi adalah tenun nogo bali dan batik sharma Solo. Satu UKM UC Silver mengundurkan diri,” kata Meliadi.

Dua UKM yakni tenun nogo bali dan batik sharma sebelumnya menjalani proses kurasi yang dilakukan oleh Sarinah dan lolos karena dianggap memenuhi standar yang ditetapkan secara internasional.

Nogo Bali selama ini dikenal sebagai UKM yang memproduksi tenun ikat yang dibuat langsung dengan tangan dan pewarnaan alam.

Sementara Batik Sharma Solo dikenal sebagai produsen batik yang unik juga dengan pewarnaan alam dan disain yang amat diminati pasar.

Meliadi mengatakan Paviliun Indonesia di Nusa Dua yang digelar dalam rangka pertemuan tahunan IMF-WB 2018 dinilai akan memberikan gambaran tentang ke-Indonesiaan kepada delegasi dan tamu undangan.

“Khususnya tentang bagaimana UKM sebagai bagian dari penggerak ekonomi dan industri di Indonesia,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close