Lintas Daerah

Temukan Masalah Saat PPDB, Warga Jabar Bisa Mengadu ke Posko Ombudsman

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Berbagai kekurangan serta praktik kecurangan yang terjadi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 di Jawa Barat sekarang dapat dilaporkan melalui posko pengaduan yang dibuka oleh Ombudsman Perwakilan Jabar.

“Ombudsman membuka posko pengaduan penyelenggaraan PPDB, bagi masyarakat yang pengaduannya tidak ditindaklanjuti secara internal,” ujar Asisten Ombudsman Jabar, Noer Adhe Purnama, di Kantor Ombudsman Jabar di Kota Bandung, Senin (2/7/2018).

Praktik kecurangan, Noer memberi contoh, terjadi pada PPBD 2017. Pada waktu itu, masih ada praktik jual-beli kursi di sekolah-sekolah favorit, adanya “sponsorship”, calo, legalitas warga sekitar sekolah, legalitas keluarga ekonomi tidak mampu, dan informasi PPDB yang tidak tersampaikan.

“Untuk penyelesaian PPDB 2018, Ombudsman akan memfokuskan kepada sistem zonasi yakni pemerataan sekolah,” katanya.

Masyarakat yang menemukan adanya penyimpangan atau pelanggaran dalam PPDB 2018, diharapkan untuk melapor ke Ombudsman.

“Laporan dapat disampaikan lewat pesan seluler ke nomor (022) 7103733 atau Whatsapp 087717930058. (Masyarakat) Tidak perlu takut melapor,” katanya.

Selain itu, bisa melalui email [email protected] atau mendatangi secara langsung Kantor Ombudsman Jabar di Jalan Kebonwaru Utara No.1 Kota Bandung.

“Pengawasan kepada penyelenggara dapat dilakukan melalui laporan internal kepada penyelenggara atau cabang Dinas Pendidikan provinsi. Apabila laporan internal tersebut tidak ditanggapi baru dapat dilaporkan ke pihak eksternal seperti Ombudsman,” katanya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close