Lintas Daerah

Temukan Kejanggalan, Kemendag Segel Dua Mesin SPBU di Bandung

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Dua mesin Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Kota Bandung disegel karena diduga melakukan kecurangan.

“Ini (mesin) SPBU kita amankan, karena di SPBU ini ditemukan alat tambahan yang dipasang di pompa yang bisa mengurangi takaran,” ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag), Veri Anggriono, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SPBU Di Jalan Kiaracondong, Bandung, Jumat (19/10/2018).

Sidak yang mendatangi SPBU Jalan Kiaracondong dan Jalan Riau menunjukan bahwa di dua mesin pengisian bahan bakar tersebut dipasangi alat untuk mengurangi jumlah takaran.

Petugas menemukan adanya kesalahan dalam penghitungan mesin pompa pengisian. Ia mengatakan, batas maksimal error pada setiap mesin sebesar 0,5 persen, namun pada SPBU tersebut dapat mencapai dua kali lipat.

“Konsumen kalau beli 10 atau 20 liter akan terasa kekurangannya, tapi jika dalam jumlah kecil tidak kelihatan,” katanya.

Temuan tersebut akan membuat Direktorat Metrologi melakukan penyelidikan. Apabila terbukti melakukan praktik curang maka pemilik akan mendapatkan sanksi tegas.

Selama proses penyidikan, dua mesin pompa pengisian disegel petugas, namun untuk operasional SPBU tetap berjalan normal.

“Kita akan lakukan pemeriksaan detail, kita panggil pemilik SPBU-nya termasuk distributor/importir alat-alatnya. Apabila buktinya cukup kuat kita lakukan proses penyidikan di UU Metrologi,” kata dia.  (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close