Kesehatan

Tembus Rekor, AS Catat 55 Ribu Lebih Kasus Baru Corona dalam Sehari

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Penambahan kasus corona Amerika Serikat (AS) mencetak rekor dunia. Dilaporkan lebih dari 55 ribu kasus Covid-19 baru pada Kamis waktu setempat. Ini adalah jumlah peningtakan harian terbesar di negara manapun yang pernah dilaporkan.

Melonjaknya kasus-kasus virus Corona di seluruh AS selama sepekan terakhir telah menempatkan penanganan krisis oleh Presiden Donald Trump di bawah tekanan.

Situasi ini juga membuat beberapa gubernur menghentikan rencana untuk membuka kembali negara mereka setelah dikunci ketat.

Penghitungan harian AS mencapai 55.274 pada Kamis malam, melampaui rekor satu hari sebelumnya 54.771 yang ditetapkan oleh Brasil pada 19 Juni seperti dilansir dari Reuters, Jumat (3/7/2020).

Hanya dua minggu lalu, AS melaporkan sekitar 22.000 kasus baru sehari. Sekarang telah dilaporkan lebih dari 40.000 kasus selama tujuh hari berturut-turut dan merusak catatan kasus baru tiga hari berturut, menurut penghitungan.

Menurut analisis Reuters infeksi baru meningkat di 37 dari 50 negara bagian AS dalam 14 hari terakhir dibandingkan dengan dua minggu sebelum awal Juni.

Florida melaporkan peningkatan terbesar dari setiap negara sejauh ini pada hari Kamis, mencatat lebih dari 10.000 kasus baru dalam satu hari. Dengan 21 juta penduduk, negara bagian itu telah melaporkan lebih banyak kasus baru virus Corona harian daripada yang dimiliki negara Eropa manapun pada puncak wabah.

Kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, Anthony Fauci, awal pekan ini memperingatkan bahwa peningkatan harian dalam kasus-kasus baru di AS bisa mencapai 100.000 tanpa langkah-langkah nasional untuk memperlambat angka tersebut.

Sementara tingkat pengujian telah meningkat, demikian juga dengan persentase hasil positif. Rawat inap juga meroket.

Menurut analisis Reuters secara nasional 7% tes diagnostik virus Corona kembali positif pada minggu lalu, naik dari 5% minggu sebelumnya. Tingkat tes positif Arizona adalah 24% minggu lalu, Florida adalah 16%. Nevada, South Carolina dan Texas semuanya 15%, analisis ditemukan.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close