Sepak Bola

Tekuk Vietnam 1-0, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U19

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 sukses mempecundangi Vietnam U-19 dalam lanjutan grup A Piala AFF 2018. Berlaga di Stadion Gelora Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (7/7/2018) malam, skuat Garuda Muda menang 1-0.

Timnas untuk sementara tetap berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2018 usai meraih poin penuh pada pertandingan kontra Vietnam ini.

Dengan demikian saat ini Indonesia mengoleksi poin sempurna 12, setelah memenangkan seluruh empat pertandingan yang dimainkan. Seperti diketahui, pada matchday pertama, Indonesia menang 1-0 atas Laos, dan membenamkan Singapura 4-0 di matchday kedua. Witan Sulaiman dan rekan-rekan juga mampu tampil luar biasa pada matchdayketiga dengan menumbangkan Filipina 4-1.

Hasil postif pada matchday keempat ini membuat Indonesia memiliki modal bagus untuk bisa lolos ke fase berikutnya, yakni semifinal. Sementara itu di posisi kedua diisi oleh Thailand dengan koleksi 10 poin. Tim berjuluk Gajah Putih itu sejauh ini telah meraih tiga kali kemenangan dan satu kali hasil imbang. dari tiga pertandingan yang telah dijalaninya.

Dengan demikian, Indonesia telah dipastikan untuk lolos ke babak semifinal. Skuad besutan Indra Sjafri hanya membutuhkan hasil imbang pada laga melawan Thailand jika ingin melenggang ke semifinal dengan status juara Grup A.

Indonesia bermain sabar di awal babak pertama. Serangan mulai dibangun lewat gocekan Syahrian Abimanyu di menit 7.

Indonesia mulai meningkatkan ritme serangan. Namun belum ada ancaman serius ke gawang Vietnam.

Umpan satu dua Muhamad Rafi Syaharil dengan Witan Sulaeman nyaris berbuah gol. Sayangnya tendangan Witan melesat tipis di atas mistar gawang kiper Vietnam, Yeunie.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh skuat besutan Indra Sjafri itu. Hingga laga memasuki menit 30, belum ada ancaman serius untuk Vietnam.

Giliran Vietnam melakukan tendangan spekulasi dari tengah lapangan menit 32. Beruntung kiper Indonesia, Muhamad Riyandi masih bisa menepis bola.

Bermain tanpa Saddil Ramdani, Indonesia kesulitan mengobrak-abrik pertahanan Vietnam. Kedua tim terus berupaya mencetak gol. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua Indonesia menambah daya gedor dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre. Berkali-kali pemain asal Papua ini mengancam lini belakang Vietnam.

Usaha Garuda Muda membuahkan hasil. Deltra Sidoarjo bergemuruh di menit 81. Muhamad Rafi Mursalim membobol gawang Vietnam. Gol Rafi sekaligus mengunci kemenangan Indonesia hingga peluit panjang dibunyikan wasit,

Susunan Pemain:

Indonesia U-19: Muhamad Riyandi (GK), Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, Muhamad Rafi Syaharil, Muhamad Luthfi Kamal Baharsyah (Tood Rivaldo Alberth Ferre 50′), Witan Sulaeman, Firza Andika, Feby Eka Putra (Muhamad Rafi Mursalim 65′), Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara Putra, Asnawi Mangkualam Bahar.

Vietnam U-19: Yeunie (GK), Pham Van Nam, Nguyne Hung Thien Duc, Dang Van Tol, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Hong Son, Le Van Xuan, Le Xuan Tu, Tran Bao Toan, Nguyen Huu Thang (Le Minh Binh 56′), Le Van Nam.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close