Sepak Bola

Tekuk Qatar 2-0, Argentina ke Perempat Final Copa America

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Timnas Argentina mengalahkan Timnas Qatar 2-0 dalam laga terakhir fase grup Copa America 2019 di Stadion Arena Gremio, Porto Alegre, Brasil, Senin (24/6) dini hari waktu Indonesia barat.

Argentina mencoba tampil ofensif menghadapi tim undangan asal Asia Barat. Peluang Lionel Messi dan Lautaro Martinez yang masih melambung ke atas mistar menandai ambisi Tim Tango untuk meraih tiga poin.

Memasuki menit keempat, Martinez tidak menyia-nyiakan blunder pemain Qatar yang salah mengoper bola. Berada di zona emas untuk mencetak gol, Martinez melepas tembakan kaki kiri yang membuat bola bersarang di pojok kiri gawang Qatar.

Setelah membuka keunggulan, Argentina sempat tampil cukup nyaman. Namun Qatar pun tampil baik dalam bertahan dan sempat membuat tekanan.

Juara Piala Asia 2019 itu mampu tampil disiplin mengantisipasi serangan dari Messi dan kawan-kawan. Kendati sempat kecolongan gol dan ada peluang yang didapat Aguero serta Martinez, Qatar mampu membuat Argentina bekerja keras.

Pedro Miguel, Almoez Ali, Abdelaziz Hatim, dan Hassal Al Haydos tercatat memiliki peluang yang membuat pendukung Argentina menahan napas. Bahkan pada menit akhir babak pertama tendangan bebas Bassam Al Rawi membuat bola menerpa tiang gawang Argentina.

Pada awal babak kedua kepercayaan diri pemain-pemain Qatar tetap terlihat. Di sisi lain, Argentina tampak belum bisa nyetel sejak wasit meniup peluit tanda babak kedua dimulai.

Berbeda dengan performa yang ditampilkan pada babak pertama. La Albiceleste tampak hanya sekadar ingin mengamankan keunggulan satu gol pada sisa laga. Sementara Qatar mengupayakan gol dengan memainkan tempo yang tidak cepat.

Argentina perlahan panas, peluang Aguero menuntaskan sepak pojok pada menit ke-61 yang asih dapat ditahan Saad Al Sheeb.

Setelah saling bertukar serangan, Argentina menyarangkan gol kedua dalam laga ini pada menit ke-82. Pressing dari pemain-pemain Argentina membuat skuat Qatar kehilangan penguasaan bola. Paulo Dybala kemudian memberi bola kepada Aguero yang melakukan aksi individu menggiring bola hingga masuk ke kotak penalti sebelum melepas tembakan dan menyarangkan si kulit bulat ke kanan gawang Qatar.

Skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga laga bubar. Di laga lain, Kolombia menang 1-0 atas Paraguay berkat gol Gustavo Cuellar pada menit ke-31. Hasil tersebut membuat Argentina menduduki peringkat kedua di klasemen akhir Grup B di bawah Kolombia, sedangkan Paraguay menghuni peringkat ketiga, disusul Qatar yang menjadi juru kunci.

Susunan pemain inti timnas Argentina:
Franco Armani; Renzo Saravia, Juan Foyth, Nicolas Otamendi, Nico Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Lautaro Martinez, Sergio Aguero.

Susunan pemain inti timnas Qatar:
Saad Al Sheeb; Bassam Al Rawi, Boualem Khoukhi, Tarek Salman; Pedro Miguel, Hassal Al Haydos, Salem Al Hajri, Abdelaziz Hatim, Karim Boudiaf; Akram Afif, Almoez Ali. (MU)

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close