Tarif Tol JORR Segera Naik

Tarif Tol JORR Segera Naik
Ilustrasi (Foto/CNBC Indonesia)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - PT Jasa Marga Tbk bakal melakukan penyesuaian tarif tol Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tarifnya terintegrasi dengan beberapa ruas tol lainnya. 

Pemberlakuan tarif sebelumnya sudah terjadi sejak dua tahun lalu.

"Dalam Waktu Dekat Akan Diberlakukan Penyesuaian Tarif Tol Jorr 1, Jalan Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Jalan Tol Pondok Aren - Ulujami," demikian Jasa Marga dalam pengumuman di akun Twitternya, Kamis (29/10/2020) dikutip CNBC Indonesia.

Jasa Marga merinci beberapa ruas tol yang terintegrasi yang tarifnya mengalami penyesuaian, antara lain:

Tarif sebelumnya sudah berlaku sejak dua tahun lalu, tepatnya Sabtu (29/9), pukul 00.00 WIB, saat itu untuk kali pertama mulai berlaku integrasi tarif Tol JORR. 

Pemberlakuan integrasi tarif Tol JORR ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 710/KPTS/M/2018 pada tanggal 14 September 2018.

Sistematika integrasi tarif ini berlaku pada Jalan Tol JORR Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebun Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir),Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami dengan total panjang jalan 76,8 km.

Penerapan integrasi tarif Jalan Tol JORR mengubah tarif tol bagi pengguna. Pada kendaraan golongan I untuk jarak terdekat, misalnya, tarif tol menjadi Rp15.000 dari sebelumnya hanya Rp9.500. Sementara untuk jarak terjauh pada Jalan Tol JORR dari Rp34.000 menjadi Rp15.000.

Integrasi berpengaruh besar pada kendaraan logistik. Tarif jarak terjauh bagi golongan V sebelumnya mencapai Rp94.500.

Integrasi tarif tol membuat tarif golongan V disamakan dengan golongan IV dan turun menjadi hanya Rp30.000. (MU)