Internasional

Tank Rusia Dilaporkan Telah Berkumpul di Perbatasan Ukraina

KIEV, SEAYANPOST.com – Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyatakan memiliki bukti bahwa tank Rusia sudah berjejer di wilayah yang dekat dengan perbatasannya.

Kepada Sky News seperti dilansir Jumat (30/11/2018), Poroshenko menunjukkan foto-foto yang diambil dari udara dan menunjukkan keberadaan tank tersebut.

“Ini adalah foto tank yang berbaris 18 kilometer di perbatasan kami. Foto ini diambil pada September, Oktober, dan saat ini,” katanya.

Dia mengatakan, lokasi tank itu berkumpul juga menjadi tempat Rusia menempatkan amunisi hingga sistem peluncur roket multifungsi.

Dengan fakta yang dipaparkan Poroshenko berkata dia siap untuk melindungi negaranya, dan menyatakan saat ini dunia tak percaya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia menggunakan kesempatan wawancara tersebut untuk meminta bantuan kepada negara Barat dan komunitas internasional lainnya.

“Putin tidak melihat batas. Karena itu menurut saya, sudah saatnya bagi seluruh dunia bersatu. Tidak hanya pemimpin. Namun juga rakyatnya,” ungkapnya.

Komentar Poroshenko terjadi setelah Rusia menembak dan menahan tiga kapal perang Ukraina yang melintas di Selat Kerch, Laut Azov, Minggu (25/11/2018).

Moskwa menuduh tiga kapal itu sudah melanggar wilayah perairan mereka, dan memutuskan untuk memblokade selat dan menolak melepaskan para pelaut Ukraina yang ditahan.

Poroshenko mengeluhkan penangkapan para pelaut itu seperti tawanan perang, dan mendesak Putin segera membebaskan mereka beserta kapal-kapalnya.

Kiev membantah mereka telah melanggar wilayah Rusia, dan menyatakan dua pelabuhan mereka di Laut Azov diblokade oleh Kremlin.

Poroshenko menjelaskan Rusia tengah “mencekik” Ukraina karena 40 persen produk mereka diekspor melalui pelabuhan di Laut Azov.

“Ini adalah cara lain Rusia melakukan embargo terorganisasi. Ini merupakan bagian dari perang hibrid yang dilakukan mereka kepada kami,” kecamnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close