Nasional

Tangani Banjir Jakarta, Jokowi: Pusat dan Pemprov Harus Kerja Sama

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Banjir yang menggenangi ibu kota Jakarta, kembali terjadi, Rabu (1/1/2020). Tingginya curah hujan di Jakarta dan limpahan air hujan di daerah penyangga seperti Bogor dan Depok, menambah parah banjir di Jakarta

Menyikapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah pusat dan pemerintah provinsi bekerja sama untuk menanggulangi banjir di sejumlah wilayah Indonesia.

“Yang paling penting juga pemerintah pusat dan pemerintah provinsi harus bekerja bersama-sama dalam menanggulangi ini terutama yang berkaitan dengan urusan banjir,” kata Jokowi dikutip dari siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi menegaskan, pemerintah pusat dan pemprov DKI Jakarta harus memprioritaskan pemulihan fasilitas umum yang terdampak banjir.

“Berkaitan dengan normalisasi untuk fasilitas-fasilitas umum, karena ini sudah masuk di Jakarta, udah masuk di Halim, beberapa sudah masuk di Tol Cikampek dan beberapa obyek vital. Ini harus segera dinormalisasi, sehingga fungsi-fungsi itu kembali normal,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan saat ini ada beberapa proyek pemerintah pusat untuk mencegah banjir yang belum selesai. Misalnya, Waduk Cimahi dan Waduk Ciawai yang diperkirakan rampung tahun depan.

“Di luar itu semuanya harus dikerjakan. Saya tadi sudah perintahkan Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk cek lapangan,” imbuhnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga menggarisbawahi soal pentingnya keselamatan warga. Ia meinta Badan Nasioal Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional, dan pemerintah provinsi bekerja sama untuk memberikan keamanan dan keselamatan warga.

“Urusan banjir ini paling penting terkait keselamatan warga dinomorsatukan,” ucapnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close