Metropolitan

Tangani Banjir Jakarta, Ahok Dinilai Paling Baik

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Penanganan banjir Jakarta, menurut survei yang digelar oleh Lembaga Indo Barometer, paling sukses ditangani mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, Minggu (16/2/2020) menyatakan, publik merasa Ahok sebagai pemimpin Ibu Kota yang paling bagus ketimbang Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan saat menyelesaikan masalah tersebut.

“Untuk masalah banjir, gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama 42%, disusul Joko Widodo 25%, dan Anies Baswedan 4,1%,” kata Qodari.

Ia menjelaskan, sebanyak 61,4 persen publik menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah banjir di DKI Jakarta. Lalu, sebesar 26,2 persen menilai pemerintah pusat harus ikut bertanggungjawab dalam menyelesaikan banjir di Ibu Kota.

“60,3% publik menyatakan bahwa masalah banjir di DKI Jakarta dapat diselesaikan. Yang menyatakan masalah banjir di DKI Jakarta tidak dapat diselesaikan 27,3%,” ujarnya.

Untuk alasan banjir selalu terjadi di Jakarta, kata dia, beberapa responden merasa karena kebiasaan masyarakat yang kerap buang sampah sembarangan, kepimpinan gubernur yang tidak tegas dan tak ada terobosan dari pemerintah pusat dalam menyelesaikan masalah itu yang selalu terjadi setiap tahunnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 9-15 Januari 2020 pada 34 Provinsi. Total responden survei tersebut sebanyak 1.200 dengan margin of error kurang lebih sebesar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close