Internasional

Taliban Tolak Perpanjang Gencatan Senjata

KABUL, SENAYANPOST.com – Pemberontak Taliban di Afghanistan menolak untuk memperpanjang gencatan senjata. Mereka memegaskan tak akan memperpanjang gencatan senjata yang berakhir pada Minggu malam. Sebelumnya, Taliban dan pemerintah Afghanistan sepakat untuk melakukan gencatan senjata selama perayaan Idul Fitri.

Pemerintah mengumumkan gencatan senjata dari 12 Juni hingga 19 Juni untuk mendorong Taliban mendukung proses rekonsiliasi nasional. Sebagai balasan, kelompok bersenjata mengumumkan gencatan senjata tiga hari, sejak hari pertama Idul Fitri pada hari Jumat, hingga akhir Minggu.

Nah, dalam pertemuan Dewan Keamanan Afghanistan yang dipimpin oleh Presiden Ashraf Ghani memperpanjang gencatan senjata selama 10 hari lagi. Namun, Taliban menolak untuk mengikuti langkah Kabul.

Taliban, seperti dilansir Xinhua pada Senin (18/6), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gencatan senjata tiga hari yang mereka lakukan semata-mata untuk kebaikan bersama dan bukan respon atas pengumuman gencatan senjata pemerintah.

“Gencatan senjata yang diumumkan bukan tanggapan terhadap tawaran pemerintah, tetapi diumumkan untuk kesejahteraan bangsa dan untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi warga Afghanistan untuk merayakan Idul Fitri,” kata Taliban dalam sebuah pernyataan.

Gencatan senjata antara Taliban dan pemerintah Afghanistan pada Idul Fitri sendiri merupakan gencatan senjata pertama yang dilakukan antara kedua belah pihak, sejak invasi Amerika Serikat (AS) ke negara itu pada 2001. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close