Ekonomi

Tak Suka Rumah DP 0 Rupiah Ala Anies, Erick Minta BTN Tak Laksanakan Progran Itu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sistem Program Penyediaan Rumah dengan Tanpa Uang Muka (DP) 0 Persen yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ternyata tidak disukai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Karena itu, Erick Thohir mengharapkan bank BUMN, yakni PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk tidak melaksanakan program tersebut.

Permintaan ia sampaikan karena DP 0 persen akan menyulitkan dari sisi penyerapan ketenagakerjaan yang baru. Semestinya, program diarahkan pada pembangunan rumah untuk mendukung para milenial yang dinilainya sulit mendapatkan rumah

“Tenaga kerja tidak semua BUMN. Makanya kami dorong BTN dengan partner bunga murah dan bisa efisien. Misalnya, bangun 1 juta rumah buat kalangan milenial. Karena memang milenial sulit dapat rumah. Kami kasih izin akses (bunga murah),” kata Erick di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Selain itu, Erick merasa program DP rumah nol persen tersebut juga tidak baik dilakukan kepada kalangan milenial tersebut. Pasalnya, ia menilai program itu tidak mendidik kaum milenial untuk menabung.

“Saya tidak suka zero DP, karena tidak mendidik generasi muda untuk menabung. Kalau mereka sudah biasa cicil dari awal 5 persen atau berapapun, mereka (milenial) akan ada tanggung jawab. Tapi dengan akses cicilan 20-30 tahun tidak memberatkan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Program DP 0 Persen saat ini tengah dijalankan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan. Program tersebut dilaksanakan untuk melaksanakan janji yang ia pernah sampaikan saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close