Nasional

Tak Mampu Lepas Ban pada Buaya, Matt Wright Menyerah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Matthew Nicolas Wright dan tim satuan tugas (satgas) belum berhasil membebaskan ban dari leher buaya di Sungai Palu, padahal operasi satgas penyelamatan satwa liar tahap 1 ini sudah berakhir.

Menurut Ketua Satgas Penyelamatan Satwa Liar, Haruna, Matt Wright sudah harus kembali ke Australia.

Mesku begitu, tambahnya, bukan berarti upaya untuk melepaskan ban di leher buaya berakhir.

“Operasi akan kami terus lakukan walaupun tidak seintensif ini. Kami coba menarik simpati dulu sama satwa ini agar tidak terjadi perubahan perilaku yang signifikan,” kata Haruna, Senin (17/2/2020).

Menurutnya keberadaan satwa ini memang sudah terlalu lama diburu dan belum berhasil.

Ia khawatir, jika terus diburu bisa menyebabkan buaya menjadi stress. Jika sampai stress dikhawatirkan mengganggu buaya lain.

Sehingga, ketika terjadi perubahan perilaku dikhawatirkan mengganggu masyarakat yang ada di sekitarnya.

Sebelum menuju Bandara Mutiara Sis Aljufri, Matt Wright mengatakan, tim sudah bekerja dan melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Terkait dengan apakah buaya itu semakin terancam dengan adanya ban di lehernya, Matt Wright mengatakan bahwa buaya berkalung ban, masih dalam keadaan sangat sehat.

“Dia belum terpengaruh pada ban itu. Jadi kita punya waktu beberapa tahun lagi,” kata Matt.

Namun, Matt berjanji jika ban di leher buaya di sungai Palu belum juga terlepas, Mei 2020 mendatang ia akan kembali bergabung dengan tim satgas penyelamatan satwa liar. Misinya, melepaskan ban di leher buaya Sungai Palu. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close