Travel

Tak Lagi Bali, Turis Australia Paling Suka Pelisiran ke Daerah ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jumlah turis atau wisatawan asing asal Australia yang berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat sebanyak 3 sampai 5 kali lipat lantaran adanya penerbangan langsung dari Perth ke Lombok.

Selain itu, sebuah lokasi pariwisata akan layak jika waktu tempuhnya menuju lokasi hanya 4 jam. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB, Wedha Magma Ardhi.

“Dari Perth ke Lombok karena (penerbangan) langsung. Turis Australia meningkat 3-5 kali lipat ke Lombok. Layaknya memang 4 jam dan dari Perth ke Lombok sekitar 3,5 jam penerbangan dari Australia,” katanya.

Ardhi menyebut kelayakan sebuah bandara juga menentukan. Kapasitas Bandara Internasional Lombok, menurutnya, terus ditambah agar bisa menampung lonjakan kunjungan wisatawan.

“Makanya, Lombok itu layaknya bandaranya ditambah, sehingga kapasitas bandara meningkat,” ungkap dia. Ardhi mengatakan sebuah daerah juga harus memetakan potensinya agar bisa menarik minat wisatawan.

“Harus kita hitung kemampuan kita. Apa yang menjadi minat yang ada, misalkan Lombok dulu hanya dilihat pantai, tapi sekarang semua, tata ruang ada MICE, sehingga kita dengan aksesibilitas semakin tinggi,” jelas Ardhi.

Ia juga menekankan bahwa konektivitas infrastruktur adalah kunci untuk meningkatkan sektor pariwisata di sebuah daerah. “Ini terbukti di Lombok. Kami berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara sampai berkali lipat,” tegasnya. (AR)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close