Nasional

Tak Ada Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun Ini, Kecuali STIN

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah tidak akan membuka sekolah kedinasan pada tahun ini.

Meski demikian, kebijakan yang dilaksanakan bersamaan dengan moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini memiliki pengecualian. “Demikian juga dengan sekolah kedinasan (tidak ada penerimaan), kecuali sekolah khusus BIN (Badan Intelijen Negara),” kata Tjahjo, Selasa (7/7/2020).

Selain Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berada di bawah BIN, pengecualian juga berlaku untuk sekolah kedinasan kepolisian dan militer.

Namun, Tjahjo menuturkan, pembukaan kedua sekolah kedinasan tersebut tetap dengan memperhatikan data kebutuhan personel terlebih dahulu secara ketat.

“Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Kepolisian), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021,” kata Tjahjo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Tjahjo menambahkan, salah satu alasan ditundanya penerimaan CPNS serta calon siswa sekolah kedinasan akibat pandemi Covid-19. Menurut dia, proses penerimaan CPNS tahun 2019-2020 baru saja selesai lantaran sempat ditunda akibat Covid-19. Sementara, CPNS yang telah lulus belum dilantik semua.

“Maka alokasi 2020 dialihkan untuk 2021,” kata dia.

Kendati demikian, untuk jumlah formasinya belum ditentukan. Nantinya, alokasi kebutuhan akan diserahkan kepada masing-masing instansi dengan memperhatikan secara ketat kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dan kemampuan anggaran.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close