Tak Ada Jabat Tangan di Debat Perdana Trump-Biden

Tak Ada Jabat Tangan di Debat Perdana Trump-Biden
Joe Biden-Donald Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Calon presiden dari dua partai di Amerika Serikat, Joe Biden dan Donald Trump bakal menggelar debat perdana untuk pemilihan presiden 2020. 

Debat yang dilaksanakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) akan diawasi dengan ketat.
 
Beberapa protokol kesehatan akan diberlakukan, seperti menjaga jarak dan tidak berjabat tangan. Dengan demikian, para kandidat juga tidak akan menjabat tangan Chris Wallace, koresponden Fox News yang akan menjadi moderator.
 
Tak hanya itu, kedua kandidat juga akan menggunakan masker.

Debat rencananya akan digelar pada Selasa, 29 September pukul 21.00 waktu setempat. Untuk debat perdana, akan dilangsungkan di Case Western Reserve University di Ohio.
 
"Semua orang di ruang debat harus tunduk pada berbagai protokol keselamatan kesehatan, termasuj uji covid-19," kata penasihat senior Komisi Debat Presiden (CPD), Peter Eyre, dilansir dari The Independent.
 
"Sejumlah kecil tamu yang mendapat undangan akan menghadiri acara tersebut," imbuhnya.

Eyre tidak mengungkapkan jumlah undangan dan pengaturan tempat duduknya. Namun, wakil ketua CPD, Frank Fahrenkopf mengatakan ada sekitar 70 tamu undangan yang akan hadir secara langsung.
 
Nantinya Trump, capres petahana dari Republik, akan berdiri di sebelah kanan panggung, sementara Biden yang merupakan capres dari Demokrat dari sebelah kiri. Keduanya tidak akan menyampaikan pernyataan pembukaan namun langsung menjawab pertanyaan yang diajukan.
 
Pertanyaan pertama akan ditujukan kepada Trump. Debat akan dilakukan selama 90 menit tanpa ganggunan komersial.
 
Ada enam segmen, dengan masing-masing segment terdiri dari 15 menit. Berbagai isu dibahas mulai dari covid-19, ekonomi, masa depan Mahkamah Agung AS, ras dan kekerasan, serta integritas pemilihan.
 
Moderator akan mengajukan pertanyaan dan setiap kandidat memiliki waktu dua menit untuk menanggapinya. Debat ini akan disiarkan langsung melalui jaringan berita utama dan daring di platform lain, termasuk Youtube.
 
Debat presiden yang kedua akan dijadwalkan pada 15 Oktober di Pusat Seni Pertunjukkan Adrienne Arsht, Miami. Produser senior dan editor politik C-SPAN Steve Scully akan menjadi moderator.
 
Debat ketiga atau yang terakhir ditetapkan pada 22 Oktober di Belmont University, di Nashville, Tennessee. Koresponden NBC dan pembawa acara TODAY, Kristen Welker akan menjadi moderatornya.
 
Sementara itu, untuk debat calon wakil presiden, akan digelar pada 7 Oktober di Utah University. Debat Mike Pence dari Republik dan Kamala Harris dari Demokrat akan dimoderatori oleh Susan Page, kepala biro USA Today di Washington.