Peristiwa

Tak Ada CFD, Warga DKI Tetap Padati Jalur Kendaraan di Bundaran HI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat sudah ditiadakan. Namun, masih banyak warga yang bersepeda atau berolah raga lari dan mengambil jalur kendaraan.

Di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020), sekitar pukul 6.34 WIB warga yang didominasi pesepeda berdatangan dari semua sisi ruas jalan. Warga yang terdiri atas orang tua, remaja, hingga anak-anak terlihat menyebar ke ruas jalan khusus kendaraan.

Tak heran, kadang mereka berimpitan dengan sejumlah pemotor dan pengguna roda empat. Jalur pop-up sepeda terlihat dijadikan tempat untuk berhenti.

Sesekali terlihat pengguna kendaraan roda dua dan roda empat mengurangi kecepatannya saat melewati warga yang berolah raga. Tak jarang premotor terlihat kebingungan dan membunyikan klaksonnya ke para pesepeda.

“Sekali lagi mohon Bapak, Ibu, adik-adik yang bersepeda santai tolong gunakan jalur kiri,” kata petugas Dinas Perhubungan DKI dengan pengeras suara sembari berkeliling di lokasi.

Terlihat masih ada orang tua yang membawa anaknya untuk ikut bersepeda. Adapun para pelari memanfaatkan trotoar untuk olahraga. Namun, masih ada pula dari mereka yang mengajak anak kecil.

Salah satu warga, Heri (32), dari Jakarta Timur mengaku belum tahu terkait aturan yang melarang membawa anak di bawah 9 tahun. Ia datang mengajak istri dan kedua anaknya yang berumur 2 tahun dan 5 tahun untuk berolahraga.

“Baru tahu sekarang (aturannya). (Anak) umur 5 tahun dan 2 tahun,” kata Heri di lokasi.

Heri mengaku tidak takut tertular virus Corona. Ia menyebut dirinya sudah memakai masker dan rajin cuci tangan untuk mencegahnya.

“Saya kira tidak juga, karena new normal istilahnya kita harus yang penting pakai masker, persiapannya masker dan cuci tangan,” ucapnya.

Di Bundaran HI, terlihat aparat Polri-TNI, Dishub DKI, dan Satpol PP berjaga dan menertibkan warga yang berkerumun. Mereka juga mengarahkan para pesepeda agar menggunakan lajur pop up yang telah disediakan.

Sebelumnya, Pemprov DKI meniadakan CFD di Sudirman-Thamrin, namun membuka CFD di 32 titik DKI agar warga bisa berolahraga di akhir pekan. Aktivitas warga dibatasi hanya tiga jam.

“CFD di 32 titik tersebut akan berlangsung pukul 06.00-09.00 WIB,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (27/6).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close