Internasional

Taipan Ini Serahkan Rp106 T untuk Amal

NEW DELHI, SENAYANPOST.com – Azim Premji, orang terkaya kedua di India memberikan uang bernilai miliaran dolar AS dalam aksi yang dianggap sebagai donasi terbesar di negeri itu.

Milarder pemilik kelompok usaha Wipro (WIT) ini menyerahkan saham di perusahaan teknologi itu sebesar USD7,5 miliar atau lebih dari Rp106 triliun.

Sang taipan teknologi ini sekarang secara total telah menyumbangkan USD21 miliar atau sekitar Rp299 triliun untuk Yayasan Azim Premji selama beberapa tahun terakhir.

Bentuk sumbangan itu, termasuk 67 persen saham Wipro. Demikian dijelaskan pengelola yayasan.

Premji (73) memiliki kekayaan dengan total mencapai lebih dari USD18 miliar atau sekitar Rp256 triliun.

Demikian menurut Bloomberg Billionaires Index. Dia adalah orang India yang menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang dimulai Warren Buffet bersama Bill dan Melinda Gates.

Kampanye ini dilakukan untjk mendorong para miliarder di seluruh dunia untuk menyerahkan sebagian besar kekayaan mereka untuk kepentingan amal.

Donasi Premji ini mencakul 80 persen dari seluruh sumbangan orang kaya India sepanjang tahun 2018.

Sementara, seluruh perusahaan di India menyumbang 430 miliar rupee atau sekitar Rp88,6 triliun.

Wipro dibangun ayah Premji pada 1945 sebagai sebuah perusahaan minyak sayur. Perusahaan ini baru merambah industri teknologi pada 1980-an di bawah kepemimpinan Premji.

Sejak saat itu Wipro tumbuh sebagai salah satu perusahaan layanan IT terbesar di India dengan lebih dari 150.000 karyawan di seluruh dunia dan 1.200 klien mulai dari industri dirgantara hingga ritel.

Yayasan Premji fokus untuk mendukung perkembangan pendidikan, salah satunya mengelola Universitas Azim Premji di Bangalore.

Donasi terakhir ini bisa digunakan untuk membantu pembangunan universitas kedua dan memperbesar skala yayasan tersebut. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close