Nasional

Tahun Ajaran Baru, Ridwan Kamil Jamin Tak Ada Perploncoan di Bandung

Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memastikan seluruh sekolah di Kota Bandung tidak akan ada perploncoan. Besok lusa orang nomor satu di Kota Bandung itu akan mengirimkan surat ke seluruh sekolah terkait larangan perploncoan.
“Jadi di Bandung tidak ada konsep perpeloncoan fisik itu. Saya akan kirim suratnya besok lusa ke sekolah,” ujar Emil, sapaan Ridwan, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (13/7/2016).
Menurut Emil, konsep plonco yang selama ini kerap mengedepankan unsur kekerasan fisik harus digantikan dengan pendidikan kreatif dan pendidikan karakter. Apalagi saat ini Bandung memiliki kurikulum karakter bernama Bandung Masagi.
“Bandung sudah punya konsep masagi yakni pendidikan karakter berbasis nilai lokal silih asah asih asuh dan slih wawangi. Kemudian empat program utamanya belanegara, jaga budaya , peduli lingkungan dan cinta agama. Nah empat itu nanti diterjemahkan sebagai materi untuk pengenalan lingkungan sekolah,” bebernya.
Mendikbud Anis Baswedan menegaskan pelaksanaan orientasi siswa tidak dilakukan oleh siswa, tapi dilakukan oleh guru. Pengenalan lingkungan sekolah juga tidak diperbolehkan menggunakan atribut macam-macam. Dalam waktu dekat, Emil akan mengundang Anis Baswedan untuk meninjau langsung ke Kota Bandung.
“Kita akan 100 persen mengikuti arahan pak menteri, makanya pak menteri mau ke Bandung karena Bandung punya kurikulum itu,” tutupnya.
(dtc)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close