Hukum

Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua MA Gantikan Hatta Ali

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hakim Agung Andi Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung. Ia menggantikan Hatta Ali, Ketua MA saat ini, yang memasuki masa pensiun.

Dalam pemilihan Ketua MA yang disiarkan secara live di internet, Senin (6/4/2020), itu Syarifuddin terpilih setelah mendapat suara terbanyak yakni 32 suara dari 46 pemilih pada putaran kedua. Sementara, Andi Samsan kembali mendapat 14 suara.

Sebelumnya, pada putaran pertama, Muhammad Syarifuddin memperoleh 22 suara. Sedangkan Andi Samsan mendapat 14 suara. Namun, menurut Hatta Ali, tidak ada calon yang telah memenuhi suara 50 persen ditambah satu dari suara yang sah.

Alhasil, sesuai ketentuan pasal 7 huruf e dari Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua.

Hari ini, 6 April 2020, MA menggelar pemilihan Ketua MA periode 2020-2025. Pemilihan dilakukan lantaran Hatta Ali, Ketua MA saat ini, akan memasuki masa purnabakti pada 1 Mei 2020 mendatang.

Syarifuddin saat ini adalah Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Yudisial sejak 2016. Hakim agung kelahiran Baturaja 1954 saat ini juga menjadi Ketua Ikatan Alumni UII, menggantikan Mahfud Md.

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close