Internasional

Swiss Dinobatkan Jadi Negara Terbaik di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Swiss dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia. Dalam survei U.S. News & World Report, ditemukan bahwa Swiss unggul dari 72 negara di berbagai belahan dunia lainnya.

Dilansir Lonely Planet, Swiss berada di urutan teratas dan diikuti oleh Kanada di posisi ke-2, serta Jepang di posisi ke-3. Swiss menjadi negara terbaik karena dinilai sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Hasil ini didapatkan dari survei yang dilakukan U.S. News & World bersama dengan BAV Group dan Wharton School dari University of Pennsylvania, pada 21.400 responden dari 73 negara. Masih dari hasil survei yang sama, Indonesia berada di posisi ke-41.

Indonesia hanya unggul empat tingkat dari Filipina yang berada di urutan 45. Negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura mendapat ranking 16, Thailand berada di posisi 26, dan Malaysia mendapat peringkat 32.

Dalam laman resmi BAV Group, dijelaskan pula bahwa responden yang terpilih memiliki latar belakang yang berbeda-beda pula. Mulai dari masyarakat biasa, pebisnis, hingga kepala masyarakat ikut serta ambil andil.

Ada sekitar 75 topik yang diajukan pada responden untuk menilai negara-negara tersebut. Mulai dari keamanan, kekuatan militer, pendidikan, kualitas hidup, tingkat korupsi, stabilitas ekonomi, kesetaraan gender, dan masih banyak lagi.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa menurut CIA World Factbook, negara yang dikelilingi Pegunungan Alpen itu juga punya tingkat pengangguran yang rendah, tenaga kerja yang terampil, serta memiliki produk domestik bruto tertinggi di dunia, sehingga ekonominya cenderung stabil dan kuat.

Pendapatan per kapita Swiss saja menjadi yang tertinggi di dunia dengan angka USD 65.010 atau sekitar Rp 887 juta. Ekonominya yang kuat terjadi karena Swiss memiliki tarif pajak perusahaan yang rendah.

Sementara itu, sektor layanan publiknya sangat maju, dan dipimpin oleh layanan keuangan serta industri manufaktur berteknologi tinggi. Di luar dari sisi ekonomi, keindahan alam Swiss juga tak pernah bisa diragukan.

Pegunungan Alpen yang ternama, danau, bukit-bukit hijau, serta gletser bisa kamu temukan di sini. Lanskap indah itulah yang selalu dijadikan traveler sebagai alasan untuk berkunjung.

Meski dikunjungi oleh banyak wisatawan tiap tahunnya, Swiss juga dinilai masih mampu mempertahankan identitas budayanya. Salah satu contohnya dapat kamu lihat dari rumah-rumah tradisionalnya yang masih mempertahankan bentuk aslinya.

Produk-produk buatan Swiss juga sudah lama terkenal sebagai produk-produk berkualitas di dunia. Sebut saja cokelat, keju, dan bahkan jam tangan. Enggak sampai di situ saja, Swiss juga jadi negara dengan pemenang Nobel terbanyak di dunia.

Selain itu, Swiss juga kerap mengambil sikap netral dalam setiap konflik. Swiss tidak ikut memihak ketika terjadi perang dunia di masa lalu, dan di masa kini pun ia tidak menjadi anggota dari Uni Eropa.

Karenanya, tak heran, apabila Swiss, khususnya Kota Jenewa dijadikan sebagai lokasi kantor pusat untuk organisasi internasional, seperti Komite Palang Merah Internasional maupun PBB. Meski begitu, Swiss tetap menjadi bagian dari IMF, WTO, serta Bank Dunia.

Ingin tahu daftar lengkap negara terbaik dunia? Simak urutan 20 besarnya berikut, yuk!

Swiss
Kanada
Jepang
Jerman
Australia
Inggris
Amerika Serikat
Swedia
Belanda
Norwegia
Selandia Baru
Prancis
Denmark
Finlandia
China
Singapura
Italia
Austria
Spanyol
Korea Selatan

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close